Doing Project Together Through Indonesian Film—Collaboration Class Between Introduction to Chinese Business and Advanced Indonesian

Pada hari Kamis, tanggal 16 Januari shift 15:20-17:00 diadakan kelas kolaborasi, antara kelas Introduction to Chinese Business (Mahasiswa Sastra China) dengan kelas Advanced Indonesian (Mahasiswa BIPA-Tiongkok). Pak Chandra selaku dosen yang mengampu mata kuliah Advanced Indonesian memulai kelas dengan memperkenalkan film “box office” Indonesia. Selain itu, Jureynolds Laoshi memberikan tugas project mengenai ilmu entrepreneurship, terkait dengan film yang akan dibahas pada pertemuan kali ini (Cek Toko Sebelah).

Setelah itu, Jureynolds laoshi dan Pak Chandra membagi mahasiswa menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari beberapa mahasiswa Sastra China dan mahasiswa BIPA-Tiongkok. Tugas kelompok dimulai, dimana ditekankan mahasiswa dapat belajar bersama, dan mengadakan kolaborasi untuk menyelesaikan masing-masing tugas yang sudah diberikan oleh kedua dosen.

Mahasiswa Sastra China berdiskusi dengan mahasiswa BIPA-Tiongkok, dan membimbing mereka untuk menulis resensi film dalam Bahasa Indonesia. Selain itu, mahasiswa BIPA-Tiongkok juga turut andil dalam diskusi dengan mahasiswa Sastra China, untuk mengerjakan project entrepreneurship menyangkut usaha mandiri yang dilakukan oleh toko utama di film “Cek Toko Sebelah”. Diskusi berjalan dengan baik, mahasiswa mengerjakan tugas dengan serius tetapi masih dalam suasana yang relaks, membuat waktu berlalu begitu cepat sampai jam 18:00.

Class collaboration yang dilakukan dosen jurusan Sastra China dan dosen BIPA diharapkan menjadi sebuah bentuk kelas kreatif, dimana dapat menggabungkan dua mata kuliah berbeda dengan materi yang terkait, dan tentu saja menggabungkan dua kelompok mahasiswa dengan proyek terkait.

Dr. Jureynolds, SS., M.Litt.