PKM di PUJ – Pulau Untung Jawa 8-10 Maret 2024

Desa Pulau Untung adalah salah satu dari tiga serangkai kepulauan kecil di Kawasan Pulau Seribu, DKI Jakarta. Pulau ini memiliki daya tarik wisata berupa pantai, laut, budaya warga yang tinggal di pulau tersebut (termasuk kuliner), dan warisan sejarah. Agar kegiatan membina desa ini berlangsung secara kerkesinambungan, maka membutuhkan proses multidisipliner yang melibatkan tenaga professional di berbagai bidang. Project Initiative yang terdiri dari 12 prodi dan 2 Center ini  mencoba menawarkan solusi terhadap permasalahan tersebut, yang diselaraskan dengan visi misi BINUS University: “Fostering and Empowering The Society.”

Kegiatan Focus Group Discussion team BINUS University bersama Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. FGD dilakukan di SMP 285 Kepulauan Seribu dan Ruang Pola Kepulauan Pulau Untung Kepulauan Seribu. FGD yang dilakukan di SMP 285 kepada Siswa kelas IX. Tanggapan para siswa sangat positif terhadap meteri yang disampaikan oleh para–FM Binus University. FGD di kantor kelurahan mengundang peserta dari pihak kelurahan dan segenap tokoh pemuda serta masyarakat. Fokus FGD terkait pariwisata dan sarana pendukung diantaranya smart tourism destination, people (education), environment, transportation dan application.

Fakta menarik dari pulau ini adalah :

  1. Ada 10 destinasi wisata yg diunggulkan
  2. Dermaga PUJ yg estetik
  3. Pantai Sakura dengan pantai yang jernih dan biru hijau
  4. Snorkeling dan lihat ikan Nemo
  5. Hutan Bakau
  6. Main Banana Boat dan Donut di Pantai Arsa
  7. Jembatan Pengantin (jogging track)
  8. Banyak spot untuk memancing
  9. Ada dock kapal untuk perbaikan dan pembuatan kapal
  10. Makanan seafood segar dan relatif murah (fixed price)
  11. Banyak homestay untuk menginap (bagus-bagus, family recommended)

Kegiatan ini berhubungan dengan 3 SGD Goal:8) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; 9) Industri, Inovasi dan Infrastruktur; 17) Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

Gambar 1. Foto Kegiatan Persiapan FGD

Gambar 2. Survei Lokasi WIsata

Gambar 3. Penyerahan Souvenir kepada Bapak Lurah

 

Gambar 4. FGD di Ruang Pola  Kantor Kelurahan Pulau Untung Jawa

Gambar 5. FGD di SMP 285 Keluarahan Pulau Untung Jawa

 

Dr. Yi Ying, S.S., M.Lit., M.Pd.