Binus Goes to Taiwan – Summer Camp at National Tsing Hua University (NTHU)

Didasari oleh kerjasama antara BINUS dan NTHU, serta diperkuat dengan kerjasama antara Jurusan Sastra Cina BINUS dengan The International Bachelor Degree Program (IBP) dan 華語中心 (Chinese Language Center – CLC), serta mendapatkan dukungan penuh dari TETO Indonesia dan MoE Taiwan, pada tanggal 16 Juli hingga 29 Juli, 29 mahasiswa/i beserta 2 dosen pendamping Sastra Cina BINUS berangkat ke Taiwan untuk menghadiri kegiatan summer camp yang diadakan oleh National Tsing Hua University – Taiwan.

Foto 1. Peserta setelah sampai bandara Taipei, Taiwan

Berdasarkan pada peringkat QS University, NTHU di tahun 2023 merupakan peringkat #177 dunia dan peringkat #2 di regional Taiwan. Ini juga yang menjadikan NTHU menjadi salah satu University Host tujuan Summer Camp yang tepat bagi mahasiswa BINUS University, khususnya mahasiswa jurusan Sastra Cina.

 Foto 2. Pembukaan Summer Camp NTHU – Taiwan

Kegiatan di summer camp juga beraneka ragam, mulai pembelajaran secara praktikal hingga pada pembuatan barang-barang bernuansa Tionghoa di kelas. Sehingga dengan belajar bahasa Mandarin bisa menjadi lebih menyenangkan.

Foto 3. Suasana Belajar Mandarin di Kelas

Foto 4. Kegiatan Menonton Film Berbahasa Mandarin Bersama

Foto 5. Kegiatan Practical Membuat Lampion

Selain belajar, mahasiswa juga mempunyai kesempatan untuk berbaur dengan mahasiswa yang ada di NTHU, sehingga pembelajaran ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melatih kemampuan bersosialisasi dengan masyarakat asing yang baru dikenal mereka di Taiwan. 

Foto 6. Foto Bersama di Tugu NTHU

Summer camp identik dengan kegiatan luar kelas, hal ini tentu tidak jauh berbeda dengan summer camp kali ini, seminggu dua kali pihak NTHU membawa mahasiswa/i untuk berwisata ke luar kota. Dalam hal pengenalan teknologi, dimulai dari berkunjung ke museum inovasi TSCM yang terkenal di Taiwan hingga kepada Industrial Technology Research Institute  (ITRI) dan 新竹科学园区 (Hsinchu Science and Industrial Park -HSP)

Foto 7. Foto Bersama di Depan Museum TSCM (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company)

Foto 8. Mencoba Wahana VR di TSMC

Foto 9.  Pemaparan dari Industrial Technology Research Institute (ITRI).

Foto 10.  Foto Bersama di Industrial Technology Research Institute (ITRI).

Foto 11. Penerangan mengenai Inovasi di 新竹科学园区 (Hsinchu Science and Industrial Park-HSP)

Selain ke bagian teknologi, kegiatan summer camp juga dilanjutkan dengan kunjungan ke daerah yang sangat terkenal di Taiwan, contohnya : wisata kuliner 城隍庙, wisata alam 内湾 (neiwan),wisata sejarah 中正纪念堂 (Balai Peringatan Chiang Kai-shek), pusat pembelanjaan 西门町 (ximen ding)  hingga kepada landmark terkenal Taiwan yaitu Taipei 101.

Foto 12. Suasana Jajanan di Sepanjang 内湾 (neiwan)

Foto 13. Foto Bersama di 内湾 (neiwan)

Foto 14. Foto Bersama di 中正纪念堂(Balai Peringatan Chiang Kai-shek)

Foto 15. Foto Bersama di 西门町 (Ximen Ding)

Foto 16. Taipei 101

“Kegiatan Summer Camp kali ini sangat menyenangkan, kami tidak hanya belajar bahasa. Tetapi juga bisa keluar bermain dan explore taiwan”, ujar salah satu peserta summer camp.

Foto 17. Kegiatan Kebersamaan Akhir Kegiatan.

Bisa dikatakan summer camp tahun ini sangat menyenangkan dan memberi pengalaman tersendiri terhadap tiap Mahasiswa, terutama dalam hal belajar bahasa Mandarin dan mengenal budaya Tionghoa. lalu bagaimana dengan kelanjutan Summer Camp tahun depan? Nantikan kelanjutan summer camp tahun depan yang tentunya akan lebih menarik.