Testimoni Alumni: Awal Mula Kuliah di Binus Hingga Dapat Bekerja di PT Vivo Mobile Communication Indonesia

Halo,  nama saya Angelica, Binusian 2021  jurusan Sastra Cina, saat ini saya sedang bekerja di PT Vivo Mobile Communication Indonesia.

Awal mula saya ingin kuliah di Binus dan mengambil jurusan Sastra China adalah karena akreditas jurusan Sastra Mandarin di Binus sangat bagus dan Binus merupakan salah satu kampus swasta ternama di Indonesia.

Ditambah lagi Binus mempunyai program 3+1 dimana setiap mahasiswa diwajibkan untuk mengambil track seperti internship, entrepreneur, study aboard, dan sebagainya . Pada program 3+1 ini, saya mengambil track internship dimana saya magang di salah satu perusahaan telekomunikasi yaitu PT ZTE Indonesia selama 1 tahun.

Pada saat ini saya ditempatkan di divisi Outsourcing Delivery Department. Outsourcing ini dapat diartikan sebagai aktivitas mencari pekerja atau karyawan oleh pihak supplier atau penyedia tenaga kerja untuk perusahaan yang memerlukannya. Perusahaan dan pihak supplier ini kemudian melakukan perjanjian yang telah disepakati untuk menyediakan tenaga kerja yang diperlukan oleh sebuah perusahaan tersebut.

Di PT ZTE Indonesia terdapat banyak sekali Native China sehingga skill mandarin saya disini sangat diasah. Pengalaman magang menurut saya merupakan sebuah bekal untuk saya sebelum saya terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya. Selama magang,  saya selalu berusaha sebaik mungkin. Karena ada pepatah yang  mengatakan “懒惰不能成功。 您需要努力才能实现您的每个愿望”. Kesuksesan tidak bisa diraih hanya dengan kemalasan kita harus rajin atau bekerja keras untuk mendapatkan setiap keinginan kita. Menurut saya, pengalaman magang sangatlah penting, karena saya mendapatkan banyak hal yang saya belum pernah pelajari saat berkuliah seperti cara berkomunikasi dalam bahasa mandarin yang baik, cara memecahkan masalah, berani untuk mengemukakan pendapat dan sebagainya. Saya sangat berterima kasih kepada PT ZTE Indonesia yang telah memberikan saya kesempatan selama 1 untuk internship disana.

Setelah magang 6 bulan, saya memutuskan untuk menulis skripsi sambil magang. Disini, saya dilatih untuk dapat mengatur waktu dengan baik. Saya sangat berterima kasih kepada semua dosen Binus yang telah mengajarkan mahasiswanya selama kurang lebih 4 tahun dengan sangat amat sabar dan baik. Selalu memberikan masukan dan saran yang kepada mahasiswanya. Waktu berjalan dengan sangat cepat, akhirnya saya dapat menyelesaikan skripsi dengan baik. Kemudian saya memutuskan untuk beristirahat selama 1 bulan.

Setelah 1 bulan, akhirnya saya melamar pekerjaan di PT Vivo Communication Indonesia di bagian Finance. Awalnya saya tidak yakin dengan diri saya sendiri apakah saya dapat bekerja di divisi ini dengan latar belakang jurusan Sastra China. Namun ternyata, kemampuan berbahasa mandarin sangatlah penting pada saat ini. Dengan kemampuan mandarin yang saya punya, saya dapat lulus interview (interview tentunya dengan native china) dan saya juga dapat mempelajari hal yang lain seperti Finance. Disini tugas saya adalah membuat invoice untuk pengiriman barang, memasukan saldo setiap harinya, membuat PO/PR dan sebagainya.  Semua yang saya dapatkan saat magang dan berkuliah di Binus tentunya sangat terpakai saat saya bekerja saat ini terutama kemampuan berbahasa Mandarin dikarenakan manager saya merupakan Native China. Disini, karyawan yang dapat berbahasa mandarin tidaklah banyak, sehingga saya harus membantu rekan kerja saya untuk berkomunikasi dengan atasan Native China. Dengan ini, kemampuan berbahasa Mandarin saya juga terus diasah, belajar kosakata-kosa kata yang baru. Seperti pepatah “活到老学到老”.

KR