电子邮件提交作业礼仪

Etika Mengirim Tugas ke Dosen Lewat Email

电子邮件提交作业礼仪

自从上网课以来,大学生的很多作业需要通过电子邮件提交给老师。以下这篇文章介绍了使用电子邮件提交作业时应注意的一些礼仪,供大家学习参考。

Selain mengumpulkan tugas kuliah langsung di hadapan dosen, mahasiswa juga bisa mengirimnya lewat email. Cara ini dianggap paling praktis menurut mahasiswa dan dosen. Tak hanya itu, dari pada harus mencetak tugas, mengirim lewat email membuat Anda tidak boros kertas.

Meskipun tak bertatap muka, mengirim email kepada dosen juga ada etikanya. Masih sering ditemui beberapa mahasiswa yang mengirim tugas kuliah lewat email ke dosen dengan asal. Misalnya mengirim tugas tanpa mengisi subjek dan body email. Tentu dosen merasa bingung apa maksud dan tujuan Anda mengirim email, sekaligus Anda dianggap tak sopan. Perlu bagi mahasiswa untuk memahami etika mengirim email ke dosen. Baik itu untuk tugas atau keperluan lain.

Perhatikan Format Pengiriman Tugas   注意作业提交格式规定

Masing-masing dosen biasanya mempunyai format khusus mengirimkan tugas. Misalnya, tugas dalam bentuk file, ditulis dengan format Mata Kuliah-Nama-Angkatan. Kadang, dosen juga menentukan format subjek email yang kurang lebih sama dengan format file tugas.

Gunakan Bahasa Formal   使用正式语言

Bahasa formal digunakan dari mulai mengucapkan salam hingga penutup. Anda harus tetap menggunakan bahasa formal sekalipun Anda mengenal dosen tersebut secara pribadi. Sama halnya dengan format kepala surat, tulis ucapan salam, “Yth. Bapak/Ibu..”. Begitu seterusnya menggunakan kata-kata baku hingga di bagian penutup. Kemudian yang tak kalah penting adalah gunakan struktur kalimat yang jelas.

Memperkenalkan Diri   自我介绍必不可少

Hal ini sering dilupakan oleh mahasiswa. Wajib bagi Anda untuk memperkenalkan diri setelah menuliskan salam di bagian body email. Jelaskan dengan singkat dan spesifik, meliputi nama lengkap, kelas, jurusan, dan angkatan, serta mata kuliah yang diikuti. Penting bagi Anda untuk tidak melupakan bagian ini, mengingat dosen mungkin mengajar di dua kelas dengan jumlah mahasiswa sampai ratusan.

Sampaikan Tujuan    写清寄信目的

Dosen Anda mungkin tidak hanya mengajar di satu mata kuliah. Begitu juga dengan tugas-tugas kuliah yang ia berikan juga bermacam-macam. Anda perlu menuliskan tujuan Anda mengirim tugas tersebut. Misalnya, “Sehubungan dengan tugas penelitian yang diberikan pada tanggal/bulan/tahun. Berikut saya lampirkan laporan penelitian dari kegiatan penelitian yang sudah dilakukan”.

Bersikap Baik dan Sopan    态度友好,保持礼貌

Meskipun menggunakan perangkat teknologi, ingatlah Anda sebenarnya juga berkomunikasi dengan manusia. Apalagi Anda berkomunikasi dengan orang yang lebih tua. Perlakukan dosen Anda dengan bahasa yang sopan. Artinya, jangan menggunakan kata-kata dengan nada menuntut, memerintah, atau memaksa.

Hindari perilaku ini, jika masih ingin dosen menghargai Anda. Anda bisa menuliskan ini sebelum masuk ke bagian penutup, “Saya menunggu revisi/koreksi dari Bapak”.

Hal ini menunjukkan kesadaran Anda tentang kondisi dosen, serta kesediaan Anda memberi dosen waktu untuk mengoreksi. Kemudian ucapkan terima kasih sebagai penanda hubungan baik.

Koreksi Lagi Emailnya    认真检查,确定无误再发送

Jangan langsung terburu-buru mengirim email. Koreksi lebih dulu, pastikan format file tugas sudah sesuai, bahasa yang formal dan sopan, penyampaian tujuan, dan penutupnya. Anda bisa minta tolong teman untuk ikut mengoreksi.

Ini terkesan sederhana, tetapi berpengaruh pada reputasi Anda di depan dosen. Selamat mencoba. (Kinanthi)

Referensi: http://kagama.co/etika-mengirim-tugas-ke-dosen-lewat-email

 

FR