Online Chinese Art Paper Activity(Liputan Metro Xinwen)

Mahasiswa jurusan sastra China BINUS University mempunyai segudang kegiatan di luar kelas. Menyadari betapa pentingnya belajar bahasa Mandarin melalui praktek budaya, jurusan sastra China mengadakan kegiatan ekstrakurikuler setiap semester. Jenis kegiatan yang dilakukan pun beragam di setiap semester.

Di masa pandemik, pembelajaran dilakukan secara online, sehingga banyak kegiatan yang awalnya dilaksanakan secara tatap muka, terpaksa dilakukan secara online. Akan tetapi, kegiatan ekstrakurikuler tetap dilakukan secara online, dan masih mendapatkan antusiasme dari segenap mahasiswa sastra China BINUS University.

Sastra China BINUS University bekerjasama dengan Pusat Bahasa Mandarin (Confucius Institute) Universitas Al-Azhar Indonesia, pada semester genap tahun akademik 2020-2021mengadakan kegiatan Online Chinese Art Paper. Pada bulan April, kegiatan ini mendapat kesempatan untuk diliput oleh salah satu program berita TV berbahasa Mandarin di Indonesia, Metro Xinwen.

Kegiatan dimulai dengan perkenalan seni menggunting kertas, dan pada sesi tersebut mengambil tema Chinese Spring Festival. Lin Donghui, trainer yang sedang berada di Fujian (China) memberikan sesi penjelasan dan praktik menggunting kertas melalui platform Zoom. Mahasiswa sastra China BINUS University mengikuti kegiatan denngan antusias. Melalui seni gunting kertas ini, tidak hanya belajar budaya China, mahasiswa juga aktif berkomunikasi dengan trainer native menggunakan bahasa Mandarin.

Berdasarkan liputan dari Metro Xinwen, Lin Donghui mengungkapkan bahwa belajar bahasa Mandarin tidak lepas dari budaya China, sehingga diharapkan melalui kegiatan ini mahasiswa dapat aktif belajar bahasa dan budaya dengan praktik seni menggunting kertas. Salah satu mahasiswa jurusan sastra China BINUS University, Aileen Yen mengungkapkan rasa antusiasme-nya dalam mengikuti acara ekstrakurikuler online ini. Aileen bersama dengan teman-teman mahasiswa lain berpendapat, di jurusan Sastra China BINUS University, selain belajar bahasa Mandarin, juga dapat belajar banyak mengenai seni dan budaya China.

Source 1: https://www.metrotvnews.com/play/NOlCa140-belajar-seni-menggunting-kertas

Source2 :https://www.youtube.com/watch?v=VoYsf6JPggs

 

Dr. Jureynolds, SS., M.Litt.