Pengalaman internship sebagai Staff Finance di PT Nanyang Chemical Technology Indonesia

Nama saya Vinia, mahasiswa Bina Nusantara jurusan Sastra Cina 2021, saat ini saya sedang menempuh semester 6. Di semester 6 ini saya sedang menjalankan Enrichment Program 3+1, dan saya memilih track Internship(magang). Kegiatan magang ini bertujuan agar kita bisa terjun ke dunia kerja secara langsung, serta menerapkan apa yang telah kita pelajari selama perkuliahan di dunia kerja. Kegiatan ini akan berlangsung selama satu tahun untuk semester 6 dan semester 7.

Saat ini saya magang di PT Nanyang Chemical Technology Indonesia. PT Nanyang Chemical Technology Indonesia adalah sebuah perusahaan yang menjual berbagai macam bahan kimia, alat kimia, serta beberapa alat sparepart. Perusahaan ini berdiri pada tahun 2017 dengan berlokasi di Ruko Puri Botanical Blok H8, Joglo, Kembangan, Jakarta Barat. Perusahaan ini menawarkan berbagai produk bahan kimia, alat kimia sserta sparepart kepada pihak distributor untuk dijual kembali, dengan sebagian besar produk yang dijual oleh perusahaan ini diimpor dari Cina.

Saat ini posisi saya di PT Nanyang Chemical Technology Indonesia adalah sebagai staff finance, disini tugas saya adalah membuat invoice, mengatur surat pajak, melakukan pembayaran pre order, serta merekap data finance. Tugas saya Saya adalah membuat invoice pesanan konsumen, setelah melakukan transaksi dan pengiriman barang, saya akan merekap invoice beserta surat pajak, dimana dokumen tersebut akan disetor kepada pihak pajak, setelah faktur pajak dikirimkan ke perusahaan, saya akan menyusun surat pajak beserta dokumen pelengkap lainnya untuk dikirimkan kembali kepada pihak konsumen. Selain itu invoice yang dibuat harus ditulis dalam 2 bahasa, yaitu mandarin dan Indonesia.

Setelah melakukan kegiatan magang selama 1 bulan ini, saya sudah cukup bisa beradaptasi dengan perusahaan. Rekan-rekan kerja di perusahaan pun selalu membantu dan mengajarkan hal baru, juga sangat ramah. Apa yang telah saya pelajari saat kuliah, seperti pelajaran mandarin bisnis pun seringkali terpakai saat saya bekerja, ada banyak kosakata yang terpakai. Selain itu, dikarenakan perusahaan ini menjual alat-alat dan bahan kimia, saya bisa belajar kosakata mandarin yang baru tentang bahan dan alat kimia, walau cukup sulit, lama-kelamaan akan semakin terboasa. Dalam komunikasi pun kita sering menggunakan bahasa mandarin, dikarenakan atasan kita hanya bisa berbahasa mandarin. Tentunya hal ini merupakan hal yang positif, sehingga saya harus berani dan akan semakin sering berbicara bahasa mandarin untuk