Pengalaman Internship di PT. Nanyang Chemical Technology Indonesia

Perkenalkan nama saya Desi Damayanti, binusian 2021 yang sekarang sedang menjalani program 3+1 internship. Sudah hampir satu semester saya menjalani magang ini, banyak pelajaran dan pengalaman yang saya dapatkan.

Saya magang di PT. Nanyang Chemical Technology Indonesia. Berlokasi di Ruko Botanic Junction MKJ Blok H8/22, Kel. Joglo, Kec. Kembangan, Kota Administrasi Jakarta Barat. PT. Nanyang Chemical Technology Indonesia merupakan sebuah perusahaan bekerja pada perdagangan bahan kimia, instrumen laboratorium dan lain-lain. Disana saya diposisikan sebagai Admin dan Keuangan, dimana tugas saya membuat payment application, hubungi orang pajak, translate dokumen, absensi, transfer uang.

Bahasa Mandarin saya sangat terpakai karena setiap hari selalu komunikasi dengan atasan yang asli orang China dan kurang bisa berbahasa Indonesia.

Selama pandemi, saya tetap berkerja dari rumah dengan diberikan tugas untuk menerjemahkan dokumen-dokumen dan menerjemahkan pemberitahuan dari atasan, ternyata bahasa Mandarin yang pernah dipelajari sebelumnya terpakai disini dan ada juga yang belum pernah dipelajarin. Saat saya menerjemah sering menemukan kosa kata baru yang belum pernah belajar, jadi setiap saya ketemu kosa kata baru saya langsung mencatat di memo arti dari kata itu. Saya menambah banyak kosa kata baru selama magang. Saya pikir magang bisa meningkatkan bahasa Mandarin saya. Saya senang bekerja disini. Dan bekerja keras untuk meningkatkan perkembangan perusahaan ini.