Siapkah kamu untuk jadi Freshmen Leader selanjutnya ?

Hi, nama saya Riko, Binusian 2021. Pada semester 2 saya mendapatkan sebuah kesempatan untuk menjadi seorang Freshmen Leader Koordinator. Pada awal sebelum melakukan interview seleksi, terdapat rasa ragu, bukan hanya akan bertanggung jawab terhadap Freshmen Leader dari jurusan saya saja, tetapi saya juga akan bertanggung jawab pada seluruh kegiatan Freshmen Enrichment Program Binusian 2022. Tetapi, setelah melakukan interview, keraguan saya meredah, karena bukan hanya saya diseleksi, tetapi saya juga mendapatkan pelatihan selama tiga hari dua malam bersama seluruh FL Koor Binus serta staff yang terlibat pada acara tersebut, karena kami akan bekerja sama selama 1 tahun, sehingga melalui pelatihan ini kami dapat membangun rasa saling percaya antar panitia.

Seperti pada implementasinya, sebagai FL kami bukan saja menjadi panitia agar acara FEP berjalan lancar, tetapi kami diberikan peran langsung untuk tampil di depan ratusan freshmen dari batch 1-5. Selama proses ini, saya bukan saja membimbing Freshmen, tetapi juga belajar untuk menjadi role model dalam kehidupan perkuliahan di Binus University, ketertiban, kedisiplinan, decision making serta yang tidak kalah pentingnya adalah komunikasi dalam bentuk sosialisasi dengan sesama Koor FL, bersama setiap FL yang bertugas, bersama Freshmen, dan tidak jarang bersama staff dan petinggi kampus. Melalui kesempatan ini, saya belajar pentingnya untuk berproses, mulai dari bertugas, memecahkan masalah, trial and error, serta evaluasi.

Dan yang terpenting dari keseluruhan menjadi seorang FL Koor adalah buah terakhirnya yang bisa kami petik yaitu, kekeluargaan yang kami dapatkan. Bekerja sama dengan orang yang baru kita kenal, dengan latar belakang jurusan yang berbeda menuntut kami untuk mengesampingkan ego kami. Untuk dapat berempati terhadap sesama koor, sesama FL dan terhadap Freshmen kami, sehingga pada akhir acara FEP kami boleh mengenal teman teman seperjuangan kami yang telah bersama berkorban agar dapat mencapai visi misi bersama kami, yang telah ditentukan di awal. Berbagai pengalaman, jalinan pertemanan baru yang kami dapatkan merupakan buah buah penting yang kami terima disamping poin SAT, dan siapa tau kalau pertemanan itu akan menjadi apa dikedepannya?