Study Abroad ke CSU (Cheng Shiu University)

Sebagai mahasiswa/i semester 6 Binus University, kami diwajibkan untuk memilih salah satu track yang ada dalam program 3+1, dalam program ini kami difokuskan pada bidang yang ingin kami tekuni, terdapat 5 track yang dapat dipilih oleh kami para mahasiswa, yaitu: Penelitian (Research), Pengabdian Masyarakat (Community Development), Merintis Usaha (Business Start-Up), Magang (Internship) dan Studi ke Luar Negeri (Study Abroad). Dari 5 track yang ditawarkan program 3+1 ini salah satu yang sangat menarik bagi saya adalah track Study Abroad, karena saya selalu memiliki cita-cita untuk bisa merasakan sekolah diluar negeri, dengan adanya kesempatan untuk merasakan sekolah di luar negeri akhirnya saya memilih track Study Abroad ke CSU (Cheng Shiu University), Kaohsiung, Taiwan.

 

Cheng Shiu University, pertama kali datang ke kampus ini hal yang terlintas dalam pikiran saya adalah “besar banget kampusnya” ya, karena memang Cheng Shiu University termasuk kampus yang luas dan memiliki banyak gedung besar. Selain lingukngan kampus yang luas, CSU juga memiliki mahasiswa yang cukup banyak dan kami sebagai mahasiswa asing mendapat kesempatan untuk masuk dan belajar di dalam kelas bersama mahasiswa CSU. Yang membuat saya sangat terkesan adalah mahasiswa dan dosen yang sangat ramah dan hangat terhadap kami mahasiswa asing sehingga tidak sulit untuk berbaur di lingkungan kampus. Selain itu kami juga dapat merasakan field trip yang diadakan oleh CSU, kami mengunjungi kota-kota besar di Taiwan, seperti Taipei, Taichung dan Tainan.

 

ShiFen Taipei
Chimei Museum Tainan

CSU sering mengadakan acara yang menarik, salah satunya adalah acara International Day. Di acara ini, semua mahasiswa asing yang berasal dari berbagai negara akan membuka booth yang dihias sesuai dengan hiasan dari negara masing-masing, dan tugas kami adalah mengenalkan budaya Indonesia kepada mahasiswa Taiwan. Selain mengenalkan Indonesia, kami juga berkesempatan untuk mengenal budaya dari negara lain seperti Thailand, Vietnam, Fillipina, Malaysia dan Kenya.

Booth Indonesia

 

Bersama mahasiswa dan dosen CSU

Selain mengikuti berbagai acara yang diadakan CSU, saya juga berkesempatan untuk menjadi bagian dari acara Taiwan-Indonesia Industrial Collaboration Summit. Dalam acara ini saya mendapat pengetahuan mengenai hubungan kerjasama antara Taiwan dengan Indonesia, dan dari acara ini saya juga mendapat kesempatan untuk mengenal beberapa pemilik perusahaan besar di Indonesia.

 

Sebelum kembali ke Indonesia, saya dan teman-teman menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat yang cukup terkenal di Taiwan yaitu Alishan yang berada di kota Chiayi. Alishan adalah salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di Taiwan.

Alishan

Melakukan Studi ke Luar Negeri pastinya memiliki tantangan tersendiri bagi setiap orang, dan bagi saya tantangan yang terbesar adalah jauh dari keluarga. Namun saya berusaha dan berhasil mengatasinya dengan cara mencari kegiatan positif yang memberikan saya banyak pengalaman berharga, berkenalan dengan teman-teman baru yang bahkan sudah seperti keluarga bagi saya dan banyak membantu saya.

bersama dosen CSU

Taiwan, negara yang awalnya sangat asing bagi saya dan sekarang menjadi negara yang memiliki kesan paling mendalam di hidup saya.

Adlia Atika Rahman (1801408104)