FGD: MAHASISWA SASTRA CHINA BINUS DAN SINGAPORE PRESS HOLDINGS LIMITED

Pada tanggal 15 Januari 2020., jurusan Sastra China kedatangan tamu dari Singapore Press Holdings Limited, yaitu Miss Sim Tze Wei (Associate Foreign Editor, Chinese Media Group NewsHub). Kedatangan dari Miss Sim adalah untuk mengetahui perkembangan pembelajaran bahasa Mandarin di Indonesia khususnya BINUS University.

Dalam kesempatan ini ada 3 mahasiswa semester 1 dan 3 mahaiswa semester 5 yang terlibat beserta 3 dosen dari Jurusan Sastra China. Keenam mahasiswa tersbut adalah Hairs Elsie, Winston Mardjuki, Christy Cuang, Liefindo Joshua, Jennifer Arbi Wijaya dan Vivy Yunita. Sedangkan tiga orang dosen yang terlibat adalah Dr. Yi Ying, S.S., M.Lit., M.Pd, Ibu Fu Ruomei dan Ibu Julita Wangi.

Miss Sim mengadakan Focus Group Discussion dengan keenam mahasisa Sastra China BINUS dengan menanyakan motivasi mahasiswa masuk jurusan Sastra China, rencana kerja di masa depan, kendala belajar bahasa Mandarin dan apa harapan mereka setelah lulus. Sedangkan Focus Group Discussion ke para dosen adalah dengan mendiskusikan kendala dan permasalahan yang dihadapi dalam mengajar bahasa Mandarin, bahan ajar yang digunakan, perkembangan pembelajaran bahasa Mandarin.

Mahasiswa merasa senang mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dengan wartawan dari Singapore dan merasa kesempatan ini sangat bagus untuk meningkatkan kemampuan bahasa Mandarin mereka. Selain itu juga membuka wawasan mahasiswa tentang dunia pendidikan bahasa Mandarin.

Harapan mahasiswa semoga kegiatan seperti ini akan sering dilakukan dan mereka memiliki kesempatan untukĀ  berinteraksi dengan berbagai praktisi di media untuk memperluas wawasan mereka.