Pengalaman Internship Setahun Program 3+1

Halo! Perkenalkan, nama saya Ayulia Widya Santi, binusian 2020 yang sekarang sedang menjalani program 3+1 internship. Di bulan terakhir saya menjalani magang ini, banyak pelajaran dan pengalaman yang saya dapatkan. Terlebih saya magang di dua tempat yang berbeda, yaitu di PT.Metal Corfix Indonesia dan Taipei Economic and Trade Office (TETO). Tentu saja pengalaman yang didapatkan pun berbeda antara dua tempat tersebut.

Selama dua bulan pada semester pertama internship, saya magang di PT.Metal Corfix Indonesia. Berlokasi di Jalan Raya Kalibaru no.29, Tangerang, Banten, PT.Metal Corfix Indonesia merupakan sebuah perusahaan manufaktur yang spesialisasi memproduksi baut dan mur. Disana saya diposisikan pada bagian Admin dan Translator, dimana pekerjaan saya tersebut saling berhubungan terutama jika barang impor datang.

Kemudian saya pindah tempat magang ke Taipei Economic and Trade Office (TETO) pada bulan April 2019 dikarenakan penggunaan bahasa Mandarin saya kurang terpakai di PT.Metal Corfix Indonesia. Di TETO, tentu saja, bahasa Mandarin saya sangat terpakai karena setiap hari selalu komunikasi dengan para atasan yang asli orang Taiwan dan tidak bisa berbahasa Indonesia sama sekali. Tentu, itu menjadi tantangan tersendiri bagi saya untuk berkomunikasi langsung dengan mereka. Selain itu, saya harus otodidak mengenali huruf tradisional bahasa Mandarin yang sangat jarang sekali saya gunakan selama belajar bahasa Mandarin. Selama di TETO, saya diposisikan sebagai asisten divisi Pendidikan, dimana tugas saya utama mengurus dokumen-dokumen beasiswa dan menerjemahkan artikel.

Dari kedua tempat tersebut, pengalaman yang saya dapat jelas berbeda. Jika di PT.Metal Corfix Indonesia saya mempelajari bagaimana suatu perusahaan berjalan, mulai dari mengimpor, produksi, hingga menjual hasil produksi. Sementara di TETO, saya lebih bergantung pada skill bahasa Mandarin yang saya miliki karena komunikasi hingga sistem komputer pun semuanya full berbahasa mandarin. Kedua tempat tersebut memberikan saya pengalaman magang yang berarti. Di satu sisi, saya dapat mengetahui bagaimana sebuah perusahan berjalan dengan semestinya, di sisi lain saya dapat mengembangkan skill bahasa Mandarin saya.

 

 

 

Ayulia Widya Santi