我们毕业啦!

Tanggal 11 Desember 2019 merupakan hari yang cukup bersejarah bagi saya dan para Binusian 2019 karena di tanggal itulah puncak perjalanan akhir kami di bangku perkuliahan akan segera berakhir. H-1 minggu sebelum diwisuda, saya sempat dihubungi oleh pihak panitia wisuda Binus 61 dan diinfokan bahwa saya terpilih menjadi salah satu “Wisudawati Terbaik” dan “Best Graduate” untuk program studi Sastra Cina. Reaksi pertama saya adalah sungguh kaget karena tidak pernah terlintas di benak saya akan mendapatkan predikat tersebut. Harapan saya selama kuliah sederhana saja, saya berharap perkuliahan saya bisa lancar-lancar saja dan bisa lulus tepat waktu! Namun ketika tahu mendapatkan kabar bahagia tersebut, saya merasa sangat bersyukur kepada Tuhan Yesus.

Selain itu, merupakan suatu kebanggaan juga bagi saya karena diantara ribuan mahasiswa/i yang dilantik pada hari itu, panitia wisuda memilih dan memberikan kepercayaan kepada saya menjadi perwakilan untuk membacakan Janji Satya Alumni, yang berbunyi :

JANJI SATYA ALUMNI

 Kami, alumni Universitas Bina Nusantara berjanji:

  1. Kami selalu bersedia menyumbang tenaga, pikiran dan kemampuan demi terciptanya tujuan Negara Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
  2. Kami akan menjunjung tinggi norma dan derajat pengetahuan terutama dalam bidang dan keahlian kami.
  3. Kami akan bersikap dan bertindak setia serta taat kepada negara dan tanah air di atas kepentingan diri sendiri, aliran dan golongan.
  4. Kami akan setiap saat bersedia melaksanakan tugas dan kewajiban yang dipercayakan kepada kami secara jujur dan dengan kesungguhan hati sesuai norma hokum Republik Indonesia.
  5. Kami senantiasa menjaga nama baik Korps Alumni, Civitas Akademika dan Almamater Universitas Bina Nusantara.

Janji Satya Alumni ini bagi saya tidak hanya sekedar janji yang diucapkan pada hari wisuda saja, namun suatu tugas dan peran bagi kita para almamater Binus agar dapat ikut serta memajukan bangsa Indonesia.

          Sebagai penutup, saya ingin mengucapkan beribu terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu saya selama perkuliahan di Binus University. Terima kasih kepada orang tua saya yang telah mendidik saya selama ini, terima kasih kepada para dosen Sastra Cina yang telah memberikan ilmu-ilmunya selama di bangku perkuliahan, terima kasih kepada teman-teman Sastra Cina yang telah berjuang bersama dari awal hingga lulus bersama, dan pihak-pihak lain yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu. Semoga Tuhan Yesus selalu melipahkan berkatnya kepada kalian semua.

当初的我们都来自不同的地方,但是缘分把我们聚集到了一起,毕业后我们也即将走向不同的方向,但是作为朋友的我会为你默默祝福

与建国大学中文系的同班同学合照

 

我们毕业啦!