第二届中国–东盟大学生文化周开幕式

Pada hari Rabu, 20 November 2019 lalu, kami mahasiswi jurusan Sastra China BINUS mendapatkan kesempatan untuk berangkat ke Hainan dalam rangka mewakili Indonesia dan juga mewakili jurusan kami untuk mementaskan tarian tradisional Indonesia (Tarian Betawi) dalam acara Cultural Week yang diadakan oleh Haikou University of Economics. Setelah melalui latihan dan juga persiapan yang cukup Panjang, tibalah hari kami berangkat. Pada hari Rabu siang, kami berkumpul di bandara Soekarno-Hatta dan berangkat bersama.

Perjalanan dari Jakarta ke Hainan memakan waktu sekitar 5 jam, sehingga kami tiba di Hainan sekitar pukul 8 malam. Setibanya kami di bandara Haikou Meilan, kami langsung bertemu dengan salah satu mahasiswa dari universitas Haikou yang ternyata ditugaskan sebagai pembimbing kami selama disana, namanya adalah Xiao Feng. Setelah berkenalan, kami kemudian segera berangkat menuju Universitas Haikou dengan menggunakan mobil.

Sesampainya kami di kampus mereka, kami kemudian segera merapikan barang-barang kami di kamar hotel yang sudah di sediakan, nama hotel yang kami tinggali selama berada di kampus mereka adalah 南园宾馆, hotelnya cukup bagus dan bersih, disekitar hotel tersebut ada banyak tempat untuk makan dan minum. Selain itu juga ada supermarket yang letaknya di seberang hotel kami.

     Setelah meletakkan barang-barang, kami diajak oleh Xiao Feng untuk pergi makan malam di salah satu kantin kampus mereka. Pada saat ini, kami masih merasa canggung dan malu-malu, jadi pada saat makan malam kami tidak banyak mengobrol dan  lebih banyak menikmati makanannya saja hehehe. Menurut kami, makanan yang dihidangkan sangat enak.

Setelah selesai makan, kami berjalan kaki kembali ke hotel. Jarak dari hotel kami ke kantin itu terasa sangat jauh awalnya, tapi setelah beberapa hari kami mulai terbiasa berjalan kaki di sekitar kampus mereka. Sampai di hotel, kami langsung merapikan diri dan kemudian tidur di kamar masing-masing.

Pagi hari telah tiba.

Esok harinya, tepatnya pada hari Kamis, 21 November 2019, kami bangun sekitar jam 6.30 pagi dan kemudian bersiap untuk melihat lebih banyak lagi sekeliling kampus. Agenda kami pada hari itu adalah untuk mengunjungi pos polisi karena kami harus melaporkan kedatangan kami, setelah itu kami juga ada gladiresik untuk pembukaan acara pada siang harinya. Sebelum berangkat, Xiao Feng mengajak kami ke kantin kampus untuk sarapan pagi. Setelah sarapan, baru kemudian kami berjalan kaki mengelilingi kampus sekaligus ke pos polisi. Kami diajak melihat stadion kampus mereka yang ukurannya sangaaaat besar. Sambil berjalan, kami juga sangat mengagumi kampus mereka dan segala isinya yang sangat lengkap. Rasanya, di dalam lingkungan kampus mereka semua serba ada!

Setibanya kami di pos polisi, kami kemudian segera mengurus hal-hal yang perlu kami urus dan kemudian kembali ke hotel untuk bersiap-siap. Sekitar pukul 12 siang, kami pun berangkat dari hotel kami menuju suatu tempat yang berisi hall besar tempat kami gladiresik untuk acara pembukaan. Dengan menggunakan kostum Tari Ondel-Ondel, kami dengan bangga berjalan dan mengikuti rangkaian kegiatan dengan baik.

Pada saat gladiresik, kami juga bertemu dan saling menyapa dengan para penari dari negara lain. Beberapa dari mereka yaitu dari Vietnam dan Shandong yang kebetulan berbaris tepat di samping kiri dan kanan kami. Kami merasa sangat senang karena mereka menyambut kami dengan ramah. Gladiresik memakan waktu cukup lama, karena kami baru selesai pada saat malam hari tiba. Tapi, bagi kami ini adalah salah satu pengalaman yang jarang sekali kami rasakan. Untuk berada diatas panggung bersama dengan para penari-penari lain dari negara yang berbeda-beda, mereka juga sama-sama mengenakan kostum tari mereka yang menurut kami sangat unik dan berbeda dengan kostum tari kami.

Setelah acara gladiresik selesai, kami pun kembali ke hotel dan kemudian beristirahat mempersiapkan diri untuk penampilan besok.

Danielle Crescentia (2201736706)