Kuliah Umum Cross Culture Indonesia-China di Hebei Normal University, China

Pada tanggal 30 Oktober 2019, Dr. Yi Ying, S.S., M.Lit., M.Pd diundang oleh Indonesia Studies Center Hebei Normal University untuk memberikan kuliah umum kepada mahassiwa S2 China di Hebei Normal University. Kuliah umum tersebut diberikan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa China tentang budaya Indonesia. Pada kesempatan tersebut, Dr. Yi Ying memberikan materi kuliah yang berjudul: “Similarities and Differences Between Indonesia-China Culture.”

Gambar 1: Kuliah Umum di Hebei Normal University

Dr. Yi Ying memaparkan kendala orang-orang China dan Indonesia dalam berkomunikasi disebabkan karena perbedaan busaya. Seperti budaya dalam berkomunikasi dan pemberian hadiah. Orang Indonesia terkenal dengan bangsa yang ramah tamah sehingga menanyakan hal-hal yang sangat pribadi seperti umur seseorang. Hal itu dianggap tidak sopan karena terlalu personil, padahal tujuannya untuk bertanya hanya sekedar basa-basi untuk menunjukkan perhatian. Selain itu dalam memberikan hadiah, orang Indonesia merasa pemberian hadiah atau menerima barang dengan tangan kirim dianggap tidak sopan sehingga hal itu perlu diperhatikan orang-orang China yang ingin berkunjung ke Indonesia. Memegang kepala orang juag dianggap kurang sopan sehingga sebaiknya hal itu dihindari meskipun hanya bercanda akan tetapi bisa memicu pertengkaran.

Gambar 2: Pemaparan Kerjasama Indonesia dan China

Dengan semakin dekatnya hubungan kerjasama Indonesia dan China, maka diharapkan rakyat kedua negara tersebut saling memahami sehingga komunikasi dapat berjalan dengan lancar. MElalui pemaparan perbedaan dan persamaan budaya kedua negara tersebut, diharapkan dapat memberikan gambaran tentang budaya Indonesia kepada para mahasiswa S2 China yang ingin meneliti tentang Indonesia maupun mau berwisata ke Indonesia.