Penelitian Lapangan di Kabupaten Natuna Kepri

Minggu, 10 November 2019, Dr. Yi Ying mengadakan Penelitian di Natuna dalam rangka riset Hibah Kompetensi Kemenristek DIKTI yang berjudul: “Strategi Pengembangan Daerah Perbatasan di Kepulauan riau dalam Rangka Implementasi Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia”.  Pada kesempatan ini, Dr. Yi Ying berinteraksi dengan nelayan setempat untuk mengetahui kendala nelayan dalam menjual hasil tangkapannya serta berapa jumlah tangkapannya dalam seminggu. Para nelayan dengan senang hati memberikan informasi dan mengatakan hasil tangkapan selama seminggu bisa mencapai 20 ton. Kendalanya adalah hasil tangkapan tidak bisa dijual dengan harga tinggi karena masih jauh di bawah standard untuk ekspor.

Gambar 1: Melihat hasil tangkapan Nelayan

                Pada kesempatan ini, Dr. Yi Ying juga sempat bertukar pikiran dengan Bapak Linggong Tampubolon Kepala SKPT Natuna. Beliau dengan ramah memperkenalkan pulau-pulau yang merupakan tempat diving di Natuna dan berharap semakinb anyak yang mengetahui keindahan alam Natuna. Beliau juga memperkenalkan pulau Sentanau kepada Dr. Yi Ying.

Gambar 2. Naik Pompong ke Pulau Sedanau

Pengalaman naik pompon ke Pulau Sedanau mendorong Dr. Yi Ying untuk mempromosikan Natuna untuk menarik lebih banyak wisatawan manca Negara ke Natuna. Natuna yang indah masih kurang promosi karena sulitnya transportasi. Kurangnya promosi membuat Natuna juga belum dikenal di dalam dan luar negeri. Semoga periset juga tergerak hatinya untuk membantu mempromosikan Natuna. Dengan pariwisata maritime diharapkan dapat membuka lapangan kerja bagi rakyat Natuna.