Pembicara dalam Seminar Pendidikan Bahasa Mandarin di Perkumpulan Guru Bahasa Mandarin Jakarta

Dosen jurusan Sastra China BINUS University, Jureynolds 老师, mendapatkan undangan untuk menjadi pembicara seminar pendidikan bahasa Mandarin yang diselenggarakan oleh Persatuan Guru Bahasa Tionghoa Jakarta, pada tanggal 10 November 2019 di gedung Hin An Hwee Koan. Seminar berlangsung selama 3 jam, peserta seminar merupakan guru-guru bahasa Mandarin di Jakarta dan sekitarnya.

Seminar ini bertema “The Investigation and Analysis of Chinese Language Teaching Condition in Indonesian Trilingual Schools”(印尼三语学校华语教学现状调查与分析). Seminar ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama dimulai dengan pembahasan sejarah sekolah Tionghoa di Indonesia dari zaman penjajahan belanda sampai era reformasi. Sesi kedua yaitu pembahasan mengenai kondisi pembelajaran bahasa Mandarin di sekolah tiga bahasa dari prespektif mata pelajaran, guru, bahan ajar dan pengajaran bahasa Mandarin. Sesi kedua ini juga merupakan hasil dari penelitian Jureynolds老师 yang dilakukan langsung di 10 sekolah tiga bahasa yang berlokasi di 5 kota di Indonesia(Jakarta, Tangerang, Yogyakarta, Purwokerto dan Medan).

Melalui kegiatan ini, Sastra China BINUS University (diwakili oleh Jureynolds 老师) berkomitmen menjadikan hasil riset sebagai salah bentuk dari pengabdian kepada masyarakat(community development).