Pengalaman Magang Mahasiswi Sastra China di Perusahaan Distributor

Awalnya saya melamar magang di PT. Nabel Sakha Gemilang karena melihat iklan yang dipasang oleh perusahaan di situs internet, dari situlah saya mengetahui bahwa perusahaan ini sedang membutuhkan translator Mandarin. Saat sesi interview, saya dijelaskan bahwa perusahaan ini merupakan perusahaan yang bergerak dibidang distributor oli dan juga spare part alat-alat mesin industri, produk-produk yang mereka jual pun sebagian besar berasal dari Korea dan Jerman, hanya terdapat sebagian kecil produk yang berasal dari China, customer yang ada pun sebagian besar merupakan perusahaan-perusahaan lokal. Oleh karena itu, saat mendengar kabar saya diterima di PT. Nabel Sakha Gemilang, saya sempat ragu apakah kemampuan Mandarin saya akan mengalami kemajuan.

Selama menjadi pegawai magang di PT. Nabel Sakha Gemilang, saya ditempatkan di tiga divisi yang berbeda, yaitu divisi Training and Development, Marketing Support, dan divisi Warehouse. Dimasing-masing divisi tersebut, saya diberikan tugas yang berbeda-beda, sehingga selain dapat mengasah kemampuan Mandarin saya, saya juga banyak belajar mengenai tugas dan peran masing-masing divisi.

Pada awal-awal magang, saya ditempatkan di divisi Training and Development, di divisi ini, saya diminta untuk membantu membuat materi, merencanakan dan membuat video-video yang akan digunakan oleh atasan saya saat melaksanakan training. Selain itu, bersama atasan saya, saya juga merencanakan training yang akanbdibawakan oleh saya sendiri, yaitu training Mandarin. Dengan training Mandarin ini, bukan saja saya dapat mempergunakan kemampuan teknis  saya, namun saya juga dapat melatih kemampuan-kemampuan lain diluar bidang saya, seperti melatih kepercayaan diri dan bagaimana cara berbicara di depan orang banyak yang usianya rata-rata diatas kita.

Pada bulan ke-2 magang (Maret 2019), saya dipindahkan ke divisi Marketing Support, di divisi ini, saya diminta untuk menerjemahkan dokumen-dokumen baik yang berbahasa Mandarin maupun Inggris, membuat laporan-laporan kegiatan sales, melakukan panggilan kepada customer dan membuat desain-desain untuk kepentingan perusahaan. Pada saat berada di divisi Marketing Support, kemampuan teknis saya lebih banyak terpakai dari pada sebelumnya, selain itu saya juga mempelajari banyak hal yang berhubungan dengan tugas-tugas saya, seperti menggunakan excel, adobe dan program-program komputer lainnya.

Kemudian pada pertengahan bulan ke-5 (Juni 2019), saya dipindahkan ke divisi Warehouse sebagai posisi admin, disana saya diberikan tugas untuk menginput data-data ke database dan merekap data ataupun dokumen yang ada. Meskipun saya berada pada divisi tertentu, namun saya tetap dimintai tolong untuk mengerjakan tugas-tugas dari divisi saya yang sebelumnya. Seperti, membantu membuat video, membuat laporan dan tugas-tugas lainnya.

Selama menjalani program magang ini, saya banyak belajar mengenai hal-hal yang berhubungan dengan jurusan saya maupun hal-hal yang tidak berhubungan, namun tetap berpengaruh baik bagi perkembangan diri saya.

Neli Agustina

2001545546