Pengalaman Ryan Magang di Dexin Steel Indonesia

Untuk kegiatan magang pada semester 6 ini, penulis melakukan kegiatan magang di Dexin Steel Indonesia (DSI), sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan, terutama besi dan baja.

Pekerjaan yang penulis lakukan bermacam-macam, seperti menginterview calon jubir maupun koordinator jubir, menginterview calon karyawan baru untuk perusahaan, melakukan tugas dinas ke luar kota untuk menjemput maupun mengantar tamu-tamu perusahaan.

interview jubir

 

Pada saat interview karyawan

Metode yang digunakan untuk menginterview calon jubir maupun koordinator jubir adalah melalui videocall aplikasi WeChat. Hal ini mempermudah kedua belah pihak. Dari segi pelamar, pelamar tidak perlu datang ke perusahaan untuk melakukan interview. Dari segi perusahaan yang menyediakan lowongan, dapat melakukan kegiatan interview dengan lebih cepat dan praktis. Sedangkan untuk menginterview karyawan baru, interview masih dilakukan dengan cara face to face bertemu langsung dan diadakan di IMIP.

Karena DSI merupakan perusahaan pertambangan, maka berlokasi di lingkungan yang memang dikhususkan untuk bangunan pabrik-pabrik. Berikut saya lampirkan lingkungan sekitar perusahaan.

Berdasarkan foto tersebut, dapat dilihat terdapat beberapa pabrik yang sedang beroperasi.

Selain melakukan interview, penulis juga melakukan pekerjaan untuk menjemput dan mengantar tamu perusahaan. Biasanya pekerjaan ini merupakan dinas ke luar kota.

Berikut penulis lampirkan foto saat melakukan perjalanan dengan tamu perusahaan menggunakan kapal. Kapal ini juga biasanya digunakan untuk mengantar pimpinanan dan karyawan perusahaan.

kapal menuju Kendiri

 

view Bahohodopi

Kegiatan sehari-hari selama magang banyak memberikan penulis pelajaran dalam dunia kerja. Softskill dan hardskill penulis juga mengalami perkembangan. Terutama skill teamwork, karena penulis seringkali membantu teman satu team dalam memeriksa berkas yang diberikan oleh atasan. Berikut penulis lampirkan foto kegiatan magang penulis lainnya.

Kegiatan sehari-hari selama magang banyak memberikan penulis pelajaran dalam dunia kerja. Softskill dan hardskill penulis juga mengalami perkembangan. Terutama skill teamwork, karena penulis seringkali membantu teman satu team dalam memeriksa berkas yang diberikan oleh atasan.

Berikut ini adalah foto penulis dengan supervisor field. Beliau adalah atasan dibagian administrasi dan salah satu atasan yang sering memberikan pekerjaan menjemput tamu dan tugas dinas lainnya. Sebenarnya masih banyak atasan penulis lainnya, namun berhalangan untuk berfoto karena sedang ada pekerjaan di luar kota.