DAYS AS KINDERGARTEN MANDARIN ASSISTANT TEACHER At Menara Harapan School

Sekolah Menara Harapan merupakan sekolah swasta yang menggunakan kurikulum internasional, yang dalam kegiatan belajar menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utamanya dan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pendamping. Sekolah Menara Harapan menekankan character building yang kuat kepada murid didiknya, sehingga para siswa memiliki akhlak dan kepribadian yang terbina sejak dini.

Selain Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, Sekolah Menara Harapan juga mengajarkan Bahasa Mandarin kepada murid didik sejak dini. Bahasa Mandarin sendiri merupakan salah satu pelajaran yang penting di Sekolah Menara Harapan.

Pelajaran Mandarin ditingkat TK diadakan dua kali seminggu, yaitu pada hari Senin dan Rabu. Pelajaran berlangsung selama 1 jam, dimulai dari kelas TK A yakni pada jam 08.00 sampai 09.00, dan dilanjutkan dengan kelas TK B yakni pada jam 09.00 sampai 10.00. Materi pelajaran yang disampaikan adalah materi dasar yang membahas tentang anggota keluarga, anggota tubuh secara umum, warna, angka, benda-benda dan berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.

Kegiatan belajar dimulai dengan Chen Laoshi (guru Mandarin di Sekolah Menara Harapan untuk tingkat TK) mereview kembali apa yang telah dipelajari sebelumnya, kemudian dilanjutkan dengan materi baru dengan menuliskannya di papan tulis dan meminta para siswa untuk ikut membaca hanzi tersebut. Setelah itu, Chen Laoshi meminta para siswa untuk menulis hanzi di buku tulis masing-masing. Tugas saya adalah untuk membimbing para siswa selama mereka mengerjakan tugas tersebut. Saya akan berkeliling untuk memantau apakah para siswa telah menulis hanzi sesuai dengan urutan guratan, dan memeriksa apakah hanzi yang mereka tulis sudah benar atau belum. Karena dalam satu kelas murid terbilang tidaklah banyak, maka saya merasa ini merupakan sebuah nilai positif, karena semua siswa dapat terpantau perkembangannya.

Apabila murid sudah menyelesaikan tugasnya dalam menulis karakter di buku masing-masing, Chen Laoshi akan memberikan pekerjaan baru, masih menulis hanzi, tapi kali ini diwork book yang disertai gambar dan kegiatan interaktif lainnya, sehingga para siswa tidak hanya dituntut untuk menulis hanzi tetapi juga memahami penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah mengerjakan itu semua, 15 menit sebelum kelas Mandarin selesai, kegiatan tulis menulis diberhentikan. Chen Laoshi akan meminta para murid untuk mengucapkan “di zi gui” yang telah dihafalkan bersama-sama, kemudian dilanjutkan dengan menyanyi.

Tugas saya sebagai asisten guru Mandarin yang berikutnya adalah untuk mengajak para siswa untuk bernyanyi. Lagu yang saya ajarkan kepada para siswa sebisa mungkin yang berkaitan dengan materi pelajaran yang telah mereka pelajari, sehingga lebih mudah diingat dan lebih meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi tersebut. Lagu-lagu yang saya ajarkan kepada mereka diantaranya adalah 《头和肩膀》、《走啊走啊》、《我是一个水壶》、《早晨洗漱歌》dan《谢谢老师》. Satu lagu biasanya memakan waktu selama 2 sampai 3 kali pertemuan untuk diajarkan, kemudian setelah itu para siswa sudah dapat menanyikannya sendiri dengan lancar.

Selain mengajarkan cara menyanyikan lagu-lagu tersebut, Chen Laoshi juga meminta saya untuk menjelaskan maksud dari lagu tersebut, sehingga para murid tidak hanya dapat menyanyikannya, tetapi juga mengerti arti dari lagu yang mereka nyanyikan.

Setelah kegiatan belajar mengajar Bahasa Mandarin ditingkat TK selesai, saya diperbolehkan untuk kembali ke rumah jika tidak ada pekerjaan dari Chen Laoshi. Biasanya, sebelum pulang saya membantu Chen Laoshi membawakan buku-buku pr para murid ke ruangannya, dan membantu beliau menuliskan pr untuk para murid kerjakan esok harinya.

Menurut saya, meskipun mengajar anak TK terlihat mudah, sebenarnya ada juga berbagai kesulitan. Seperti saat menghadapi murid yang tidak ingin bersekolah sama sekali dan menangis, atau jika mereka memang benar-benar tidak ingin mendengarkan pelajaran, maka dari itu kesabaran ekstra sangatlah dibutuhkan. Akan tetapi, karena tingkah laku dan ucapan mereka yang lucu juga terkadang menjadi sebuah hiburan tersendiri bagi saya pribadi.

Oleh: Jillia Andrea 2001541421