Pengalaman Magang di Idear Preschool Daan Mogot

Nama saya Venny Aryanti, saya berasal dari jurusan Sastra China di Binus University. Binus University memiliki program 3+1 untuk mahasiswa/i nya, yang dimana program 3+1 ini bermaksud 3 tahun untuk belajar dan 1 tahunnya lagi mahasiswa/i diberi kesempatan untuk magang (Internship). Mahasiswa harus bermagang sesuai jurusan yang diambil ketika berkuliah di Binus. Karena saya berasal dari jurusan Sastra China, jadi saya harus magang diperusahaan yang sesuai dengan jurusan saya. Mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih, ingin magang di Perusahaan yang telah bekerja sama dengan Binus atau sesuai pilihannya sendiri. Dan saya memilih untuk magang di Perusahaan pilihan saya sendiri, yaitu di Idear Preschool Daan Mogot yang terletak di Jakarta Barat. Disini saya magang sebagai asisten guru Mandarin di sekolah ini. Di Idear Preschool Daan Mogot ini bahasa pengantarnya yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin sebagai bahasa utama mereka. Murid-murid di sini kisaran berumur 2-6 tahun.

Saya mendapat banyak pengalaman di Idear Preschool Daan Mogot ini, seperti contoh saya menjadi tahu dan mengerti bagaimana cara mengajar anak-anak yang masih kecil, mengatur dan menyampaikan materi yang bisa diterima dan diserap dengan mudah oleh anak-anak. Seperti contoh guru menyampaikan materi menggunakan flashcard lalu supaya anak-anak lebih paham dan mengerti, guru membuat permainan yang masih bersangkutan dengan materi pelajaran. Sehingga anak-anak akan terus mengingat apa yang telah dipelajarinya ketika di sekolah. Di Idear Preschool ini, anak-anak maupun guru wajib menggunakan Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin dalam berkomunikasi. Jadi bahasa yang telah saya pelajari selama diperkuliahan dapat saya gunakan di sekolah ini. Selain mengajar, saya juga mendapat pengalaman dalam hal mendidik anak-anak juga seperti layaknya orang tua dan saya mendapat pengalaman juga dalam mendidik anak-anak yang berbeda karakter dan sifat. Jadi selain knowledge yang saya dapatkan, saya juga bisa belajar dalam hal meningkatkan softskills saya, seperti contoh saya melatih kesabaran dan pertanggungjawaban dalam diri saya.

Jadi bagi saya, dengan adanya magang atau Internship ini, saya tidak hanya belajar di kampus tetapi saya juga mendapat pengalaman, bagaimana menghadapi dunia kerja nantinya setelah saya lulus dari Binus.

1901507736 – VENNY ARYANTI