Pengalaman Magang di Bank of China (HONG KONG) LIMITED JAKARTA BRANCH

Perkenalkan nama saya Ferri Febrianto binusian 2019, saya mengambil track Internship. Saat ini saya magang di Bank of China, saya sudah magang disini sejak tanggal 21 Maret 2018 ditempatkan di bagian General Affair (GA). Hari pertama saya mulai magang, saya langsung dipanggil untuk bertemu dengan Ibu Mie Mie dan beliau adalah supervisor saya, Bu Mie Mie menjelaskan pekerjaan General Affair dan meminta saya untuk membantu rekan kerja lainnya untuk mengerjakan proyek mereka dan sebaliknya saya juga belajar banyak dari rekan – rekan kerja.

Pekerjaan saya adalah mencari minimal 3 barang atau 3 vendor untuk kebutuhan pembelian dan saya harus membandingkan harga dan kualitas dari 3 barang atau 3 vendor tersebut untuk mengetahui barang yang mana yang terbaik kualitasnya atau vendor mana yang memberikan penawaran terbaik. Setelah saya memilih, saya harus menjelaskan ke supervisor alasan memilih barang atau vendor tersebut. Agar saya diberikan izin untuk membeli barang tersebut atau menerima penawaran tersebut.

Setelah itu saya baru mulai belajar membuat Purchase Order (PO). Selain membuat PO saya juga harus tahu cara mengambil nomor. Jika pembuatan PO tanpa mengambil nomor PO, maka PO tersebut tidak sah.

Selain itu terkadang saya juga diberi tugas untuk menerjemahkan dokumen bahasa Mandarin ke bahasa inggris atau ke bahasa Indonesia, memasukkan berbagai macam data pembelian atau penggunaan, dan menjadi mewakili rekan lain untuk bertemu vendor.

Disini saya mulai belajar dari hal- hal yang sangat mendasar dan sampai sekarang saya sudah mulai diberi wewenang untuk memegang nomor PO Pengeluaran dan beberapa Vendor.

Setelah 6 bulan saya bekerja di Bank of China saya mendapatkan skill dan pengetahuan yang sebelumnya saya belum pernah dapat.

Saya mulai mengerti cara menjalankan proyek yang diberikan Supervisor, memahami prosedur sebuah perusahan, selain itu juga mendapatkan beberapa softskill yaitu komunikasi dan kerjasama tim. Kedua softskills itu sangat berharga bagi saya, karena sebagai mahasiswa magang yang baru masuk ke dalam Bank of China ini, saya harus lebih bisa berbaur ke dalam tim yang awalnya sudah terbentuk dan sudah kompak. Saya sangat dibantu oleh supervisor dan rekan kerja lainnya.

Saya bersyukur dengan adanya program 3+1, saya bisa mendapatkan pengalaman terlebih dahulu sebelum saya lulus kuliah dan pengalaman ini akan menjadi berharga untuk saya nantinya yang akan terjun ke dunia kerja  dan berterima kasih juga kepada Bank of China yang memberikan kesempatan  kepada saya agar saya dapat belajar dan mencari pengalaman di perusahannya.

Ferri Febrianto (1901458766)