Big Dream, Dream Big

Penggemar Bahasa Mandarin

       Jakarta, 14 Desember 2016 – Sri Deviana (19) yang akrab dipanggil Devi adalah salah satu mahasiswi jurusan Sastra China semester 3 di Universitas Bina Nusantara Jakarta. Devi berasal dari Tanjungpandan Belitung. Beberapa waktu lalu, ia pernah mengikuti kegiatan lomba mandarin se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Bina Nusantara Mandarin Club dan sempat menduduki posisi 5 besar kategori menyanyi.. Gadis ramah yang hobi menyanyi ini mengaku bahwa dirinya sangat menyukai Bahasa Mandarin dan sempat membagi cerita tentang alasannya memilih kuliah dijurusan Sastra China ketika diminta untuk wawancara. Menurutnya, Bahasa Mandarin adalah bahasa yang  menarik untuk dipelajari. “Tertarik sama Bahasa Mandarin udah dari kecil.” ungkapnya. Ketertarikan ini muncul tepatnya saat ia mengikuti kegiatan di Vihara yang kebanyakan mengharuskan ia menggunakan Bahasa Mandarin.

Devi berpendapat bahwa menguasai bahasa asing itu sangat perlu, karena dengan menguasai banyak bahasa asing, tentunya  akan lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain ketika di luar sana, terlebih lagi Bahasa Mandarin memiliki peranan penting di era globalisasi saat ini, terutama afta. Sebelum berkuliah di Universitas Bina Nusantara, ia juga pernah mengikuti pembelajaran Bahasa Mandarin selama 3 bulan di Batam yang juga membangun basic Mandarinnya. Pembelajaran ini membuat dirinya semakin tertarik terhadap Bahasa Mandarin dan semua pengetahuan tentang China,  dan ini juga merupakan salah satu alasannya memilih jurusan Sastra China.

Dengan kuliah dijurusan Sastra China ini, ia berharap dapat memperdalam pengetahuannya tentang berbahasa Mandarin dan hal-hal yang berhubungan dengan China. Sejauh ini, Devi cukup menikmati kuliahnya, karena menurutnya belajar tentang sesuatu yang sejak kecil ia sukai adalah  hal yang sangat mengasikkan, dan ia merasa semakin banyak belajar, semakin banyak pula rasa ingin tahunya terhadap Bahasa Mandarin. Gadis yang gemar bahasa Mandarin ini juga sempat mengajar part time di beberapa tempat kursus, karena menurutnya ketertarikannya terhadap bahasa Mandarin tidak sekedar untuk belajar dari orang lain, tetapi juga membagi ilmu kepada orang lain. Ia bahkan telah mempunyai rencana melanjutkan kuliahnya di China. Devi juga sempat mengungkapkan bahwa ia bangga jika dapat berbahasa Mandarin dengan baik, oleh karena itu ia bertekad untuk menguasai Bahasa yang disukainya ini dan  berharap semoga semakin banyak anak Indonesia yang tertarik dengan bahasa Mandarin.

 

Penulis : Nelly Angelia (Mahasiswi Sastra China Binus University)