PRINSIP PENULISAN BAHAN AJAR BAHASA MANDARIN YANG EFEKTIF UNTUK JURUSAN KOMUNIKASI PEMASARAN UNIVERSITAS BINA NUSANTARA — Kelly Rosalin, Agustian
PRINSIP PENULISAN BAHAN AJAR BAHASA MANDARIN YANG EFEKTIF UNTUK JURUSAN KOMUNIKASI PEMASARAN UNIVERSITAS BINA NUSANTARA
Kelly Rosalin; Agustian
Chinese Department, Faculty of Humanities, Bina Nusantara University
Jln. Kemanggisan Ilir III, No. 45, Kemanggisan – Palmerah, Jakarta Barat 11480 krosalin@binus.edu; agustian@binus.edu
ABSTRACT
Article discussed the writing principles that must be considered in compiling Chinese language teaching material specifically used for Marketing Communication students regarding the interest and target of Marketing Communication of Bina Nusantara University. The methodologies used are descriptive quantitative for distributing questionnaires and qualitative approach through observation and interview. Research found the appropriate and effective Chinese language teaching material would enhance the standard of Chinese language learning. At present, Chinese language teaching material used by Marketing Communication students has not been able to fulfill their requirements. In addition, the target learners of the teaching material are universal.
Keywords: teaching material, Marketing Communication, Chinese language
ABSTRAK
Penelitian membahas tentang prinsip-prinsip penulisan yang harus diperhatikan dalam penyusunan bahan ajar bahasa Mandarin. Bahan ajar yang disusun khusus digunakan untuk mahasiswa/i jurusan Komunikasi Pemasaran dengan memerhatikan kepentingan dan target program studi Komunikasi Pemasaran Universitas Bina Nusantara. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif untuk penyebaran kuesioner dan pendekatan kualitatif melalui observasi dan wawancara. Penelitian menemukan bahwa bahan ajar bahasa Mandarin yang sesuai dan efektif dapat meningkatkan standar pembelajaran bahasa Mandarin. Hal ini disebabkan bahan ajar bahasa Mandarin yang digunakan sekarang masih belum dapat memenuhi kebutuhan mereka. Ditambah lagi, bahan ajar bahasa Mandarin yang digunakan masih bersifat umum.
Kata kunci: bahan ajar, jurusan Komunikasi Pemasaran, bahasa Mandarin
For Full Content, Please Click This The Link Below: