Perayaan Kue Bulan by Yetty Go dan Sri Haryanti

Perayaan Kue Bulan

by Yetty Go dan Sri Haryanti

Perayaan Kue Bulan
Perayaan Kue Bulan

 

P2M yang diselenggarakan oleh Community Development Center BINUS University pada tanggal 11 Agustus 2014 di Kampus Anggrek.

Dari Sastra China BINUS, ada beberapa perwakilan salah satunya adalah Yetty Go, S.S., M.A. dan Sri Haryanti, S.S., MTCSOL yang membawa tema Perayaan Kue Bulan.

—Kedua dosen Sastra China menjelaskan Festival Musim Gugur (中秋节)atau juga dikenal dengan nama Festival KueBulan merupakan hari raya panen dan salah satu festival terpenting di Republik Rakyat Tiongkok. —Dirayakan pada tanggal 15 bulan 8 Kalender Lunar. Biasanya jatuh pada minggu kedua September sampai minggu kedua Oktober.

Mereka juga menjelaskan asal usul Kue Bulan dan Legenda Dewi Bulan. Konon kue bulan berawal dari Dinasti Ming yang dikaitkan dengan pemberontakan heroik Zhu Yuanzhang. Dia memimpin

—kaum petani melawan Dinasti Yuan dan menyebarkan pesan rahasia dengan menyembunyikannya didalam kue bulan. Pesan rahasia tersebut berisi rencana pemberontakan pada tanggal 15 bulan 8.

Setelah berhasil menggulingkan Dinasti Yuan, Beliau menjadi Kaisar Dinasti Ming. Untuk memperingati perayaan musimgugur, Beliau menghadiahkan Kue Bulan bagi pejabat-pejabatnya yang sudah berjasa.

—Di Indonesia,  kue bulan dikenal dalam dialek Hokkian dengan sebutan Gwee Pia atau Tiong Chiu Pia.