People Innovation Excellence
 

Pengalaman mengikuti kegiatan Ekstrakulikuler Kaligrafi

Perkenalkan Nama saya Michelle Ferren Vondra (傅琪惠) BINUSIAN 22 dari jurusan Sastra China . Saya di berikan kesempatan untuk membuat Artikel tentang pengalaman saya selama mengikuti kegiatan Chinese Callighraphy. Pertama-tama mari saya jelaskan apa itu Chinese Calligraphy.

Chinese Calligraphy adalah karya kesenian yang paling tinggi diberi penghormatan dalam peradaban China. Ahli kaligrafi biasannya menghasilkan tulisan berkenaan menggunakan Kuas khusus Kaligrafi , di tulis di atas sehelai kertas khas menggambarkan kata-kata murni seperti kebahagiaan, ketenangan, dan motivasi yang mampu memberi semangat kepada individu. Chinese Callighraphy mempunyai 4 harta studi yaitu Kuas (  笔  Bi ) , kertas ( 纸 Zhi ) , tinta ( 墨 Mo ) dan Batu Tinta ( 研 Yan ) . batu tinta merupakan tinta dalam bentuk batu pipih berukuran sedang yang di gosok pada alas penggosok khusus dengan menambahkan air untuk mendapatkan cairan tinta. Sekarang , lebih sering digunakan tinta dalam botol jauh lebih nyaman dan kualitas yang baik.

Pada pertemuan pertama kami di ajarkan sejarah tulisan kaligrafi . terdapat gaya referensi dalam bidang kaligrafi china. Yaitu di temukan di perunggu (Jin wen) , scrip resmi ( Li Shu ), script regular ( Kai Shu ) , cursive scrip (Xing Shu ) , gaya rumput ( Cao Shu ) , gaya kaligrafi (Zhuan Shu) di bagi menjadi 2 yaitu scrip besar (Da Zhuan ) dan scrip kecil ( Xiao Zhuan).

Lalu kami di ajarkan beberapa goresan dasar penting dalam penulisan Chinese Callighrapy yaitu : Garis lurus kebawah (shu) ,Garis lurus menyamping (heng) , garis dari atas kebawah kiri (phie), garis dari atas kebawah kanan ( na) , dan titik (dian). Setelah mempelajari semua itu kami mulai menulis dari beberapa goresan dasar tersebut. Ternyata tidak semudah yang biasa kita tulis menggunakan bolpoin atau pun pensil . terdapat banyak teknik tangan yang sangat lembut agar mendapatkan tulisan yang sempurna dan tidak kaku.

Dalam menulis kaligrafi di butuhkan kesabaran yang sangat tinggi dan ketelitian. Tidak konsentrasi saja sedikit atau kurang sabar tulisan akan menjadi bergetar atau berbelok-belok sehingga Jadi tidak enak di lihat . Menurut saya kaligrafi dapat menjadi salah satu hobi sekaligus menjadi cara agar dapat meningkatkan kesabaran kita. Setiap minggu kedepannya tulisan yang di pelajari lebih susah dan rumit. Hingga akhirnya kita semua sampai pada pertemuan terakhir . kelas Chinese Calligraphy ini merupakan kelas yang sangat saya minati sungguh  tidak menyesal telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Hanya saja waktu yang di berikan sangat singkat. Guru yang mengajarkan kami kaligrafi  sangat baik, ramah , penyabar dan juga cantik. Terima Kasih(谢谢)kepada guru yang sudah mau meluangkan waktu nya untuk mengajar kami , ini adalah pengalaman yang tidak akan terlupakan .


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close