People Innovation Excellence
 

My Internship Life “Everyone is part of MG”

“Everyone is part of MG”

Begitu slogannya, saat pertama kali menginjakkan kaki di kantor MG Group. Perasaan menjadi tak karuan karena ini adalah hari pertama saya menjalani program internship 3+1. MG Holiday Group atau MG Holiday atau bisa disebut juga MG Group adalah perusahaan distribusi hotel di Indonesia yang memiliki 6 brand (MG bedbank, Coorporate room deal, Room Deal, myhotelfinder.com, RajaKamar.com, dan Lalalaway dengan sistem bisnis yang berbeda-beda yaitu  B2B (Business to Business) yang artinya produk dijual dari satu perusahaan ke perusahaan lain dan B2C (Business to Customer) yang berarti produk tersebut dijual oleh perusahaan langsung ke customer. Saya di tempatkan di brand MG bedbank yang sistem bisnisnya menggunakan sistem B2B. Jadi, saya cukup yakin tidak banyak orang awam yang tahu tentang MG bedbank ini, karena memang kegiatan bisnisnya tidak langsung ke customer, melainkan ke travel-travel agent yang kemudian mereka akan menjual nya ke customer.

Kantor yang bertepat di Jalan Majapahit No.16, Jakarta Pusat ini, merupakan Head Office nya MG Group. Gedung yang cukup besar terdiri dari 5 lantai dengan 2 lounge yang sangat estetik, cukup menarik perhatian dengan suasanya yang sangat nyaman. Di MG bedbank ini, saya ditempatkan di divisi sales. Saya masih ingat, saat itu saya diperkenalkan oleh supervisor saya, Willem Fokke, saya langsung diajak berkeliling kantor untuk memperkenalkan saya letak-letak per divisi di MG bedbank ini. Saya masih ingat betapa canggungnya saya saat berkomunikasi dengan supervisor saya karena dia warga negara asing. Apalagi berada di tempat yang baru dan tidak mengenal siapa-siapa, dan bagian terburuknya, saya hanya seorang sendiri yang berasal dari Binus.

“kuliah di mana?” tanya salah satu rekan sales

“Binus kemanggisan kak?”

“Oh di Binus ada jurusan pariwisata juga ya?”

Begitu saya menjawab saya jurusan Sastra China, mereka agak heran kenapa saya bisa melakukan internship disini, karena kebanyakan yang pernah internship disini adalah mahasiswa atau anak smk jurusan pariwisata.  But, here I am for the next one year.

 

Perusahaan boleh di bidang hotel wholesale, tapi jangan disangka jurusan sastra tidak bisa kerja disini. MG bedbank ini merupakan perusahaan multinasional, jadi mereka tidak hanya memiliki client dari dalam negri saja, client diluar negri pun sudah banyak, termasuk client China. Well, sebenarnya jobdesk utama saya selama disini yaitu menerjemahkan dokumen-dokumen dari client China contohnya seperti dokumen riskcontrol interception check dan table channel distribution dari client China. Saya juga pernah turut serta membantu dalam menerjemahkan ke dalam bahasa Mandarin file MG Group Business Introduction dan Flyer ITB (International Tourism Bourse) yang berisi company profile MG bedbank, visi, MG production, business snap shot, dll saat MG bedbank mengikuti event yang diadakan di Shanghai pada pertengahan mei 2018 kemarin. Tapi yang harus kalian ketahui, banyak jobdesk lagi yang saya kerjakan selama internship disini seperti mapping report hotel level serta room level yang saya lakukan setiap dua minggu sekali, serta membuat XML monthly newsletter sebulan sekali. File tersebut antara lain berisi daftar hotel terbaru dari MG, list 50 top hotel pada bulan tersebut, dan update data agent yang baru bergabung dengan MG. Melakukan price comparison secara berkala antara rate hotel MG dengan OTA lain untuk tetap menyeimbangkan harga, bertanggung jawab untuk membantu dalam dokumentasi dokumen-dokumen client internasional dalam proses registrasi untuk menjadi client MG, saya juga turut membantu secara langsung client-client yang sedang mengalami kendala atau sedang membutuhkan data-data hotel. Selain dari apa yang saya kerjakan di kantor, saya diperbolehkan juga mengikuti sales call yang biasa dilakukan oleh para sales  sehari-hari yaitu untuk memonitor agent-agent dengan berkunjung ke tempat agent. Disini saya banyak sekali belajar hal-hal baru, tidak hanya menambah dan mengasah hard skills, tapi soft skills saya secara tidak langsung juga terasah, seperti bagaimana berkomunikasi secara formal dengan orang lain dan menyelesaikan masalah saat mengalami kesulitan dalam melakukan pekerjaan, lebih cekatan, disiplin, dan tepat waktu dalam melakukan sesuatu. Tidak jarang saya menemukan kesulitan dalam melakukan pekerjaan tapi berkat bantuan dari rekan-rekan kerja disini, saya dapat melewati kesulitan-kesulitan tersebut dengan baik.

For your information, walaupun ini merupakan perusahaan B2B, tapi MG bedbank cukup banyak mengadakan event maupun mengikuti event baik event internal maupun external. Event internal salah satunya yang pernah saya ikuti yaitu acara buka puasa bersama dengan seluruh karyawan dari brand MG Group. Sedangkan event external yang pernah saya ikuti antara lain:

  • MG Table Top, yaitu sebuah event yang di peruntukkan untuk travel agent yang berada di Jabodetabek dan bertujuan untuk memberikan pertukaran informasi antar Hotel (Seller) dan travel agent (Buyer) yang dimana MG Bedbank sebagai Mediator. Acara ini diadakan di salah satu hotel di Jakarta Utara pada pertengahan maret 2018 yang dilaksanakan dari pagi hingga malam yang ditutup dengan acara dinner bersama serta undian door prize. Pada acara ini saya membantu pada bagian registrasi, dan juga sebagai translator salah satu hotel dari luar negri untuk memberikan informasi tentang hotel tersebut kepada agent.
bersama supervisor di photobooth Table Top MG
  • Family Trip, yaitu menginap satu malam di hotel bersama berberapa agent yang terpilih untuk merasakan suasana hotel, bermain games bersama dengan tujuan untuk lebih akrab dengan teman-teman agent, dan melakukan room tour yang dibawakan oleh pihak hotel.
bersama teman-teman agent dan manager hotel
  • GATF yang diadakan pada tanggal 5-7 Oktober 2018, MG bedbank ikut mensupport travel fair ini dengan menyediakan kamar hotel dari seluruh dunia. Jobdesk untuk semua sales, termasuk saya yaitu membantu menangani customer, membantu mempromosikan hotel-hotel kepada pengunjung, dan saling membantu panitia lain jika ada yang mengalami kendala. Event GATF kali ini adalah kali ke 2 saya ikuti, sebelumnya ada pada bulan april 2018 kemarin.
bersama para team GATF

Saya menyadari melalui program internship 3+1 ini, banyak sekali ilmu yang dipelajari dan pengalaman yang luar biasa telah saya alami. Jujur saja, saya sangat merasakan perbedaan yang besar antara di dunia kuliah dan dunia kerja. Jika saat kuliah saya hanya sebentar di kelas, dan tidak setiap hari ada kelas, di dunia kerja, saya dituntut harus bangun pagi setiap hari, bekerja di kantor sampai sore, hanya duduk di depan komputer sampai mata perih, dan hasilnya terasa lebih capek dari pada olah raga. Tapi dengan berjalannya waktu, dan walaupun ini adalah kali pertama saya masuk dalam dunia kerja secara nyata, tapi saya sangat senang, nyaman dan  enjoy selama melaksanakan internship disini. Saya dapat mengembangkan hard skills dan soft skills saya dengan baik terutama team work dan communication. Self management saya juga lebih tertata secara tidak langsung. Tidak hanya itu, initiative, problem solving dan decision making, serta planning dan organizing juga meningkat dengan beriringan. Wawasan tentang dunia perhotelan, kemampuan bahasa Mandarin dan bahasa Inggris yang terus menerus meningkat sangat saya rasakan. Dengan semua ilmu yang saya telah dapatkan selama internship, menurut saya hal inilah yang akan menjadi bekal untuk saya sebagai persiapan untuk memasuki dunia kerja sesungguhnya. Thank you MG bedbank, I’m so happy to be part of MG.

Created by :

Intan Purnama Sari (1901504394)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close