INTERNSHIP: IDEAR PRESCHOOL DAAN MOGOT

Idear Preschool Daan Mogot  adalah Prasekolah dengan standart National Plus yang berasal dari Taiwan, dengan sekolah-sekolah yang tersebar di Taiwan, China dan Indonesia. Idear Preschool Daan Mogot menggunakan kurikulum PIERIA (Patience, Intelligence, Encouragement, Resource, Idea, Activity) sebagai dasar pembelajaran di sekolah. Di Idear Preschool Daan Mogot menggunakan Bahasa Inggris (50%) dan Bahasa Mandarin (50%) sebagai bahasa pengantarnya.

Selama kurang lebih 5 bulan (Febuari-Juni 2018) menjalankan Internship di Idear Preschool Daan Mogot banyak sekali pengalaman baru yang saya dapat, saya mendapat banyak teman baru dan saya juga berkenalan dengan siswa siswi dengan berbagai macam karakter. Selama berada disana, saya belajar untuk lebih bertanggung jawab atas tugas dan kewajiban yang diberikan kepala sekolah kepada saya, belajar untuk lebih disiplin dengan datang tepat waktu, belajar bagaimana untuk memahami dan mendekatkan diri dengan siswa siswi disana, dan juga yang terpenting saya belajar untuk sabar dalam menghadapi siswa siswi disana. Selama Intership di Idear Preschool Daan Mogot saya dapat melatih kemampuan berbicara bahasa Mandarin dan juga bahasa Inggris, karena di sekolah ini tidak diperbolehkan menggunakan Bahasa Indonesia selama berada di lingkungan sekolah. selama Internship di Idear Preschool Daan Mogot peran saya adalah sebagai asisten pengajar. Saya memiliki tanggung jawab untuk membantu pengajar utama dalam menjaga anak-anak, menggantikan pengajar utama mengajar di kelas jikalau pengajar utama berhalangan hadir di sekolah, dan setiap hari rabu saya harus mempersiapkan bahan art and craft untuk siswa siswi kelas K2.

Selain kegiatan belajar mengajar di kelas, Idear Preschool juga memiliki kegiatan outing. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan yang baru kepada siswa siswi. Contohnya seperti: mengadakan kegiatan Field Trip ke Jakarta Aquarium dan Taman Safari Indonesia.

Selain kegiatan belajar mengajar di kelas dan kegiatan outing, siswa siswi Idear Preschool Daan Mogot juga di perkenalkan dengan hari-hari perayaan besar seperti: perayaan Cap go meh. Pada saat perayaan cap go meh semua siswa siswi dan pengajar diwajibkan menggunakan baju berwarna merah. Dan pada perayaan ini kegiatan yang dilaksanakan adalah lomba mengambil angpao sebanyak-banyaknya, di dalam angpao tersebut sudah diisi dengan coklat dan stiker. Pada tanggal 8 Juni 2018, Idear Preschool Daan Mogot mengadakan acara Graduation untuk anak-anak Kindergarten 2 (K2). Sebelum acara dilaksanakan siswa siswi dilatih terlebih dahulu untuk bernyanyi, bernari, dan bermain drama. Pada bulan Mei siswa siswi sibuk berlatih dan semua pengajar juga sibuk dalam mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan pada saat acara Graduation.

 Liana Septiani

1901469813