People Innovation Excellence
 

Pengalaman Kelas Belajar di Cheng Shiu University, Taiwan

Pada tanggal 21 Juli 2018 sampai dengan 31 Juli 2018, saya mengikuti kegiatan Study Tour yang diadakan di Kaohsiung, Taiwan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Cheng Shiu University. Selama 11 hari disana, selain mengunjungi tempat – tempat wisata yang indah, kami juga banyak mendapatkan pembelajaran yang sangat menarik dan tentunya menambah wawasan kami mengenai keberagaman budaya yang ada di Taiwan. Disini saya akan menceritakan pengalaman saya selama mengikuti kelas pembelajaran di Cheng Shiu University.

Kelas pertama yang kami ikuti adalah Creative Art Course. Pada kelas ini, kami diajarkan Teknik Screen Printing (sablon). Mula – mula yang kami lakukan adalah mendesain gambar yang kita inginkan pada bagian belakang dari kertas sticker. Setelah selesai mendesain, gambar tersebut dipotong menggunakan cutter mengikuti pola dan ditempelkan pada screen yang berfungsi untuk menghantarkan tinta ke media cetak. Menurut saya, bagian yang butuh ketelitian adalah ketika saya harus dengan hati – hati memotong sesuai pola, semakin rumit desainnya, semakin butuh perhatian ekstra dalam memotong pola.

 

ini merupakan hasil desain saya yang telah jadi ^^

 

Kelas kedua yang kami ikuti adalah Chinese Conversation Class. Kelas ini memiliki 2 sesi. Kami belajar berbicara dalam bahasa mandarin, melakukan beberapa percakapan sederhana, dan bernyanyi dalam bahasa mandarin. Kami pun juga diajarkan beberapa kosakata dasar dan pengaplikasian kosakata dasar tersebut kedalam sebuah percakapan. Dosen pengajar juga memberikan beberapa permainan menarik untuk membantu kami dengan cepat menghafal kosakata. Dalam kelas percakapan ini, kosakata yang diberikan menggunakan traditional Chinese characters,  dan saya selama perkuliahan sehari – harinya menggunakan simplified Chinese characters. Awalnya saya sedikit kesulitan dalam membaca karakter mandarin yang diberikan tetapi ini merupakan kesempatan yang sangat bagus bagi saya untuk belajar dan menambah wawasan mengenai traditional Chinese characters.

                Kelas ketiga yang kami ikuti adalah Chinese Cultural Class. Kelas ini juga terdapat 2 sesi. Pada sesi pertama, kami diajarkan untuk membuat tatakan gelas yang terbuat dari papan kayu. Pertama – tama, kami harus meletakan kertas pola yang sangat tipis keatas papan kayu lalu menggunakan kuas untuk mengoleskan lem perlahan – lahan secara merata keseluruh permukaan papan kayu, setelah lem mongering, barulah diberi lapisan resin pada permukaan papan kayu agar terlihat indah. Lalu pada sesi ke-2, kami menghias lilin aroma dengan bunga bunga kering. Pertama – tama, cairan lilin dituangkan pada cetakan, lalu menunggu hingga cairan tersebut setengah mengeras barulah menghias lilin tersebut dengan bunga – bunga kering. Kedua sesi ini sangat menarik karena saya sebelumnya sama sekali tidak pernah melakukannya. Banyak hal yang saya pelajari selama melakukan kegiatan ini, yakni dalam melapiskan lem diatas kertas pola ke papan kayu harus secara perlahan supaya kertas pola tidak sobek, dan juga  dalam meletakan bunga – bunga kering ke atas cairan lilin yang setengah mengeras perlu perlahan – lahan agar cairan setengah beku tersebut tidak retak.

pengarahan saat membuat tatakan gelas

 

beginilah hasil jadi menghias lilin aroma milik saya^^

 

Kelas ketiga yang kami ikuti adalah 3D Printing Class. Pada kelas ini, kami belajar mendesain produk dengan software Autodesk Fusion 360. Benda yang kami buat adalah Fidget Spinner. Pertama, kami mengukur diameter dari ball bearing (sebagai poros pemutar) dan besi ring (sebagai pemberat di ketiga sisi) menggunakan jangka sorong. Kedua benda tersebut merupakan bahan untuk membuat Fidget Spinner. Kami mengikuti arahan dosen serta kakak pembimbing dalam menggunakan software tersebut sehingga membentuk kerangka dari Fidget spinner yang nantinya akan dicetak menggunakan mesin 3D Printing. Kelas ini sangat menyenangkan dan merupakan hal yang baru bagi saya. Meskipun tidak terlalu paham, tetapi kakak pembimbing selalu siap sedia ketika kami membutuhkan pertolongan atau ingin bertanya. Setelah mendesain kerangka, kami membuat sendiri Fidget Spinner-nya menggunakan bahan yang telah tersedia.

 

proses mendesain kerangka

 

hasil Fidget Spinner yang telah dirakit

 

Kelas terakhir yang kami ikuti adalah Laser Engraving Class. Dikelas ini kami membuat lampu hias akrilik. Pertama, kami diberikan beberapa potongan – potongan kayu yang harus kami rakit sendiri. Awalnya kami semua kebingungan bagaimana harus merakitnya karena tidak ada contoh yang diberikan, sehingga kami harus memutar otak sendiri agar terbentuk menjadi sebuah kotak. Setelah selesai, kemudian kami harus menyatukan kabel pada battery holder ke RGBY LED Strip dengan solder. Kami dapat memilih warna lampu yang diinginkan dengan mencampurkan kombinasi warna merah, hijau, biru dan kuning. Bagi yang tidak terbiasa menggunakan solder pasti akan kesulitan dan takut terkena percikan kawat timah yang mencair. Setelah selesai merakit, kami diberi kesempatan untuk melihat mesin laser yang sedang memotong kayu menjadi potongan kecil, dan setelah itu mencetak logo Cheng Shiu University. Kami pun dapat mencetak nama atau kata yang diinginkan untuk lampu hias tersebut. Berkat kelas ini, saya dapat melihat secara dekat mesin laser dan mengetahui kecanggihannya.

 

bentuk lampu hias akrilik yang sudah jadi

 

Selama belajar di Cheng Shiu University, saya terkesan dengan berbagai hal baru yang saya dapatkan di sana, merupakan sebuah pengalaman yang sangat berarti dan tak terlupakan. Saya sangat bersyukur atas kesempatan yang telah diberikan oleh Cheng Shiu University kepada kami semua dan juga berterima kasih atas fasilitas – fasilitas yang telah disediakan karena sangat membantu selama kami berada disana. Suatu saat nanti, saya berharap dapat mengikuti kegiatan ini lagi jika diberikan kesempatan.

Disusun oleh :

Felicia Monica / 2001546340

 

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close