Diskusi dengan Jagiellonian University (JU) di Krakow, Polandia

Pada tanggal 3 April 2018, Prof. Tirta Nugraha Mursitama (International Relations Department), Dr. Shidarta (Business Law Department), dan Mrs. Yi Ying (Chinese Literature Department) diterima oleh Prof. Adam W. Jelonek Rector’s Representative for Internalization, Director of the Institute of the Middle and Far East Former Ambassador to Malaysia, Brunei and the Philippines. Beliau didampingi oleh Assc Prof. Ewa Trojnar, Ph.D, Direktur Taiwan Studies Center dan dr. Malgorzata Osinska dari Konfusius Institute.

Diskusi membahas kegiatan yang dilakukan Taiwan Studies Center di JU. Selain itu membahas pendanaannya dan bagaimana kolaborasi dengan Confusius Institute di JU. Dari hasil diskusi diketahui bahwa mahasiswa belajar huruf tradisional bukan simplified. Selama ini huruf tradional diajarkan di Taiwan sedangkan huruf simplified diajarkan di RRC. Akan tetapi JU memilih mengajarkan huruf tradiosional ke mahasiswa karena merasa huruf tradisional lebih memiliki nilai budaya yang tinggi dan mahasiswa yang pernah belajar huruf tradisional akan lebih mengerti huruf simplified.

Selain itu, Prof Adam juga menawarkan kesempatan visiting Profesor di JU selama 40 jam bagi Prof Tirta dan juga terbuka kesempatan join conference sehubungan dengan Taiwan Studies Project. Kesempatan untuk menulis modul yang  berhubunagn dengan ASEAN dan Taiwan juga terbuka karena Prof Adam pernah bertugas di Malaysia dan sangat memahami ASEAN.

Mengenai hubungan RRC dan Taiwan, Prof Adam juga bercerita mereka memilih sikap sebagai pendidik dan tidak membahas kegiatan politik sehingga hubungan dengan kedua Negara tersebut berjalan dengan lancer dibuktikan adanya Taiwan Studies Center dan Confusius Institute yang berdampingan di JU.