People Innovation Excellence

Study Abroad Chengshiu University (Kaohshiung, Taiwan)

Halooo teman-teman, kembali lagi bersama kami, masih mengenai lanjutan kehidupan di Taiwan loh …:D Silahkan disimak deh …

Mata kuliah apa yang paling kamu sukai di Chengshiu University?

Yurike: Mata kuliah yang paling saya sukai di sini adalah zhongguo wenhua karena di dalam kelas kami tidak belajar kaya kelas pada umumnya, kami belajar dan membuat kesenian itu sendiri, ada yang membuat gelas dari tanah liat, merangkai bunga dengan ciri khas nya Taiwan, membuat permen, tata cara minum teh yang benar, melukis, membuat tas.

Eva: 中国文化. Mata kuliah ini melakukan aktifitas seperti memperkenalkan bagaimana budaya china dan membuat prakarya2 seperti gelas yang berasal dari tanah liat, tas2 kecil yang dari kertas (paper bag), dan memperkenalkan budaya meminum teh china bagaimana dan cara membuat dodol. Banyak hal yang kami lakukan pada mata kuliah ini yang berkaitan dengan budaya china.

Devi: Etika Internasional , karena gurunya asik dan pelajarannya memperkenalkan etika dalam berbusana dan bertemu dengan orang.

Hanny: saya suka sekali mata kuliah operation management. kami belajar banyak hal dari guru kami, Kai laoshi. beliau sangat sabar menuntun kami sejak kehadiran kami hari pertama di kaohsiung. 

Bagaimana menurutmu dosen-dosen Chengshiu university?

Zefanya: Dosen dosen di Chengshiu University sangatlah sabar dan pengertian terhadap mahasiswa asing seperti kami. Meskipun kami adalah mahasiswa Sastra China, kami tidak begitu terbiasa dalam menggunakan bahasa Mandarin untuk berkomunikasi sehari-hari, sehingga kadang terjadi miskomunikasi diantara dosen dengan mahasiswa. Tetapi para dosen tetap menjelaskan dengan sabar sampai kami mengerti, dan bercanda bersama kami seperti teman.

Devi: Seru sekali dan friendly, bahkan kami diajak makan bersama dan karaoke.

Eva: Selama belajar disini dan mengenal dosen-dosen sini saya merasa dosen-dosen sini sangat baik dan ramah. Dan ada dosen yang setiap mengajar bersedia menggunakan 2 bahasa , yaitu Bahasa mandarin dan Bahasa inggris.

 

Bagaimana rasanya belajar kelompok/mengerjakan tugas secara grup bersama mahasiswa asing dari negara lain?

Hanny: awalnya kami agak sulit beradaptasi dengan mahasiswa lain, saya pun memiliki kelompok yang berasal dari negara taiwan, thailand dan indonesia. saya satu satunya yang dari indonesia di kelompok tersebut. awalnya takut tidak bisa menyesuaikan diri, tapi mereka malahan mengajak saya pergi ke Tainan bersama selama satu hari full. dan kami bersenang-senang disana.

Zefanya: Mengerjakan tugas secara grup bersama mahasiswa asing dari negara lain kadang terasa menegangkan, karena masalah bahasa dan budaya, tetapi juga seru karena kami bisa mendapat banyak pengalaman dan pelajaran baru dari mereka. Mahasiswa Taiwan juga selalu sabar dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan kami disaat kami tidak mengerti akan suatu hal, dan mengajak kami pergi supaya kami bisa lebih mengenal Taiwan khususnya Kaohsiung.

Yurike: Ada dosen yang mewajibkan membuat kelompok dicampur anak-anaknya, murid Taiwan dan murid Indonesia. Dan teman-teman kelompok saya sangat baik, kalo saya tidak paham dia menerangkan pada saya. Dosen saya ini mewajibkan setiap kelompok untuk pergi keluar main atau makan bersama supaya lebih akrab. Waktu itu saya dan teman kelompok saya pergi ke pasar malam, dia mengajak saya makan makanan khas Taiwan dan kami foto-foto

Eva: Mengerjakan tugas dengan mahasiswa asing , sangat canggung, karena pada saat itu saya tidak tau mau bicara apa dan tidak percaya diri untuk berbicara duluan karena takut salah kata atau salah bicara , dan saya juga merepotkan mereka karena saya belum terlalu bisa membaca old Chinese character. Tapi lama -kelamaan menjadi terbiasa dan saling memahami.

Devi: Awalnya takut, tapi ternyata teman kelompok saya baik-baik. Kadang dibantu dengan bahasa tubuh, kalau sudah bingung, buka Google Translate.

Foto bersama beberapa mahasiswa asing lainnya

Sekian deh cerita mengenai teman-teman kita yang ada di Taiwan, seru kan belajar di negeri seberang 😀 yuuukk mari ikutan study abroad 3+1 Binus University … Dijamin mendapatkan pengalaman berharga 😀

Tuntutlah ilmu walaupun sampai ke negeri Tiongkok


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close