People Innovation Excellence

Menjadi Seorang CCL? Seru!

Hi! Hari ini saya mau berbagi cerita mengenai pengalaman saya selama 4 bulan magang di PT Nikomas Gemilang. Selama 4 bulan, saya magang di departemen PED sebagai seorang CCL. Banyak orang yang menanyakan kepada saya apa sih job desk utama seorang CCL di departemen inti ini? Well, saya akan menjelaskan nya kepada kalian.

CCL itu merupakan singkatan dari Category Commercialization Leader which means kita sebagai project leader untuk beberapa model sepatu yang belum ada di pasaran. Ketika pertama kali magang di IY (sebutan untuk offshore NIKE di PT Nikomas Gemilang), saya  benar-benar tidak punya pengetahuan tentang cara pembuatan sepatu, loh. Awalnya saya benar-benar ragu apakah saya bisa menjadi seorang CCL.

Pada bulan pertama saya magang di PED, saya mendapatkan sesi training dari tim HRD, ini merupakan hal mendasar yang harus diberikan oleh perusahaan terhadap karyawan baru. Meskipun saya hanyalah seorang karyawan magang tetapi tim PED maupun HRD memperlakukan saya dengan baik dan dengan telaten mengajari saya banyak hal yang berhubungan dengan tugas seorang CCL. Setelah mendapat sesi training selama seminggu dari pihak HRD, saya pun akhirnya dengan resmi bergabung dengan tim PED.

Bulan September merupakan bulan yang cukup menyenangkan bagi saya. Setiap hari saya dan teman-teman lain yang juga magang di IY-NIKE saling bertukar cerita mengenai apa saja yang kami lakukan setiap harinya. Saya masih ingat ketika pertama kali masuk ke ruangan PED, saya tidak diperbolehkan membawa handphone berkamera dengan alasan product security yang harus mereka jaga dengan baik. Saya cukup kaget dengan peraturan seperti itu, tetapi lambat laun saya menyadari bahwa ketika kita bekerja di perusahaan besar, keeping company’s secret is a must.

Setelah seminggu, saya pun akhirnya diberikan sesi training oleh masing-masing departemen yang ada di PED. Pengetahuan ini menjadi bekal saya untuk bisa mengerjakan pekerjaan saya pada bulan-bulan berikutnya. Singkatnya, saya ditraining menjadi seorang CCL yang sesungguhnya, bukan hanya sebagai karyawan magang! Betapa bangganya saya bisa bekerja di perusahaan yang memproduksi sepatu NIKE. Saya juga sangat senang bisa bekerja dengan didampingi oleh SPV saya, Mbak Ifah. Beliau merupakan Manager of Football Team. Saya yang pada awalnya hanya tahu bahwa sepatu NIKE itu harganya mahal di gerai-gerai Sport Station di Mall akhirnya mendapat kesempatan untuk memimpin trial sepatu NIKE.

Menjadi seorang CCL, tentu saja tidak akan merasa asing terhadap trial. Trial merupakan suatu proses percobaan pembuatan sepatu yang akan diproduksi di IY. Seorang CCL dituntut memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan pihak Pou Chen-Taiwan, developer sepatu NIKE. SPV saya memberikan kesempatan bagi saya untuk terjun langsung dalam memegang model sepatu FREE RN GS dan TD. Pada mulanya semua material sepatu harus sudah sampai sebelum waktu trial dimulai. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum kita masuk ke tahap Ready For Commercialization. Pertama-pertama saya akan menyusun jadwal Commercialization Lead Time agar semua orang di departemen PED dapat mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kemudian saya  akan melakukan tes grading untuk sepatu model terbaru dengan menggunakan bahan seadanya di warehouse. Setelah itu kita harus mengecek tali dan innerbox sehingga kita bisa memesan innerbox serta shoelaces yang tepat untuk sepatu trial kita.

Sesuai dengan CLT, saya akan memastikan bahwa upper dan outsole sepatu sudah harus jadi dan sudah saya confirm 2 hari sebelum trial dimulai. Hal ini penting untuk meminimalisir  terjadimya kesalahan lain sebelum trial dimulai. Pada hari H trial, saya harus memastikan semua sepatu sample dan PFC(List tentang proses pembuatan sepatu) sudah harus ada di lapangan. Sesudah trial, saya akan mengumpukan semua teknisi dan tim-tim yang tergabung untuk meeting tentang trial yang sudah dijalankan hari itu. Beberapa masalah terkait dengan proses pembuatan sepatu trial akan dibahas di dalam meeting tersebut. Tidak lupa juga saya membuat trial report terkait permasalahan yang muncul pada saat trial. Menjadi seorang CCL dituntut untuk bisa berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris dan kemampuan dalam berbahasa Mandarin merupakan nilai plus yang sangat membantu kita dalam pekerjaan sehari-hari.

Selama 4 bulan, saya mendapat banyak sekali pembelajaran. Salah satunya adalah mendapat kesempatan untuk ikut dalam football meeting bersama tim NIKE dari Beaverton, Amerika. Mendapat kesempatan untuk berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris dan Mandarin, bekerja sama dengan Tenaga Kerja Asing juga membuat saya memiliki latar belakang untuk bekerja dalam lingkup Internasional. Menjadi seorang CCL selama 4 bulan ini merupakan pengalaman yang luar biasa bagi saya! Saya rasa cerita tentang pengalaman saya selama magang cukup sampai di sini dulu, ya.  Ngomong-ngomong, ini foto saya ketika sedang berada di Office. Sayang sekali tidak bisa mengambil foto produk sepatu terbaru, karena masih rahasia! 

 

Vivi Anggraini (1701338652)


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close