People Innovation Excellence

Internship — What Do I Get?

Beberapa akhir ini, tugas projek yang saya sedang pegang salah satunya adalah menerjemahkan training mesin yang telah terpampang pada gambar di bawah ini.

Untungnya selama saya magang di Nikomas saya sudah belajar banyak kosakata yang baru yang berhubungan dengan mesin dan sepatu, sehingga training tersebut berjalan dengan lancar dan baik.

Selama di Nikomas ini, saya belajar banyak hal baru, baik ilmu maupun kosakata mandarin yang baru dan tentunya berhubungan dengan mesin dan sepatu. Untuk departemen bagian saya, karena ME harus mengetahui semua hal di pabrik saya bisa mempelajari tentang proses pembuatan sepatu, model sepatu, nama bagian sepatu, mesin-mesin dan lain-lain.

Saya juga belajar banyak hal yang dapat meningkatkan soft skill disini, seperti kerja sama tim, publik speaking, dll. Tetapi ada banyak hal selain soft skill yang di pelajari, yaitu survive dan berhubungan dengan orang lain, saya belajar survive untuk tinggal di lingkungan tinggal yang kurang bersih, kita harus belajar untuk memenuhi segala kebutuhan kita sendiri seperti mencuci baju dan lain-lain. Kita juga harus belajar bagaimana berhubungan dengan orang-orang yang berbeda juga, ada yang sifatnya pemarah, ada yang sifatnya kritis, ada yang sifatnya baik tetapi kasar di mulut, dan masih ada beragam orang yang kita harus belajar untuk menyesuaikan dan tetap menjalankan hubungan baik dengan mereka.

Ada satu hal yang kita bisa dapatkan lebih disini daripada yang lain, yaitu berhubungan dan bekerja dengan TKA. Disini kita dapat mempelajari pemikiran dan budaya mereka secara langsung, disini ada 2 TKA yang berbeda, yang dari Tiongkok dan dari Taiwan. 2 TKA tersebut memiliki perbedaan terutama dari cara berbicara bahasa Mandarin, akan lebih jelas jika orang Taiwan yang berbicara bahasa Mandarin, karena kecepatan berbicara mereka sedang sehingga kita dapat mendengar secara jelas kata-kata yang mereka ucapkan, sedangkan orang Tiongkok berbicara dengan sangat cepat sehingga sering terdengar mereka seperti kumur-kumur dan tidak jelas apa yang diucapkan olehnya.

Saya memiliki supervisor dan teman-teman kerja yang baik. Sifat ssupervisorsaya yang super teliti dan kritis membuat saya menjadi lebih berhati-hati dan teliti dalam mengerjakan sesuatu, dia mengajarkan saya untuk selalu mengerti isi bahan yang saya terjemahkan dan pentingnya menerjemahkan dengan benar, karena ketika miskom terjadi dapat menjadi masalah yang besar bagi yang lain. Ini lah pengalaman-pengalaman dan pendapat saya selama magang di Nikomas.

Suhendro (1701368213)


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close