People Innovation Excellence

Perayaan Kue Bulan by Yetty Go dan Sri Haryanti

Perayaan Kue Bulan

by Yetty Go dan Sri Haryanti

Perayaan Kue Bulan
Perayaan Kue Bulan

 

P2M yang diselenggarakan oleh Community Development Center BINUS University pada tanggal 11 Agustus 2014 di Kampus Anggrek.

Dari Sastra China BINUS, ada beberapa perwakilan salah satunya adalah Yetty Go, S.S., M.A. dan Sri Haryanti, S.S., MTCSOL yang membawa tema Perayaan Kue Bulan.

—Kedua dosen Sastra China menjelaskan Festival Musim Gugur (中秋节)atau juga dikenal dengan nama Festival KueBulan merupakan hari raya panen dan salah satu festival terpenting di Republik Rakyat Tiongkok. —Dirayakan pada tanggal 15 bulan 8 Kalender Lunar. Biasanya jatuh pada minggu kedua September sampai minggu kedua Oktober.

Mereka juga menjelaskan asal usul Kue Bulan dan Legenda Dewi Bulan. Konon kue bulan berawal dari Dinasti Ming yang dikaitkan dengan pemberontakan heroik Zhu Yuanzhang. Dia memimpin

—kaum petani melawan Dinasti Yuan dan menyebarkan pesan rahasia dengan menyembunyikannya didalam kue bulan. Pesan rahasia tersebut berisi rencana pemberontakan pada tanggal 15 bulan 8.

Setelah berhasil menggulingkan Dinasti Yuan, Beliau menjadi Kaisar Dinasti Ming. Untuk memperingati perayaan musimgugur, Beliau menghadiahkan Kue Bulan bagi pejabat-pejabatnya yang sudah berjasa.

—Di Indonesia,  kue bulan dikenal dalam dialek Hokkian dengan sebutan Gwee Pia atau Tiong Chiu Pia.

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close