“Di ketahui setelah dijalankan”

Saya Tania Laurensia Binusian 2020 jurusan Sastra China, karena di Binus mewajibkan setiap mahasiswanya untuk mengikuti program 3+1, akhirnya saya diterima di Hotel Holiday Inn Kemayoran. Sangat jauh dari bayangan kan? Saya pribadi juga tidak pernah menyangka saya akan bekerja di bagian perhotelan , posisi magang saya di hotel ini adalah Front Office .

Karena saya tidak ada dasar perhotelan sama sekali, bulan pertama adalah bulan terberat saya, saya harus belajar dasar perhotelan, beradaptasi dengan kehidupan pegawai hotel , menyesuaikan diri , saya juga sering di marahi karena saya yang benar-benar tidak tahu apa-apa. Saya harus belajar semua dari nol seperti slogan From Zero To Hero.

Di departemen Front office ini saya di training di
a) Back office yaitu membantu mengurusi admin Front office , memasukkan data-data, merapikan file-file dan membantu pekerjaan staff-staff lainnya.

  1. b) Call center yaitu mengangkat telepon baik dari internal maupun eksternal , menjawab semua pertanyaan , membantu tamu mendapatkan apa yang mereka butuhkan, membuat reservasi, saya merasa tekanan tertinggi ada di Call center , karena informasi kita harus banyak, kita harus mengetahui segala sesuatu tentang hotel, ketika tamu marah lama menunggu request , atau tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan.
  2. c) Executive Lounge yaitu membantu mengantarkan minuman ke tamu, menuangkan wine, bir membuatkan teh , kopi. Merapikan piring kotor, membersihkan meja , mendisplay makanan, menyambut crew-crew pesawat.
  3. d) Concierge yaitu membantu tamu menyiapkan transport, memberikan free parking , membantu menyimpan barang mereka di luggage atau mengantarkan barang mereka ke kamar, membukakan pintu untuk tamu , menyimpan barang-barang hilang dan titipan barang , mengarahkan tamu- tamu.

Di hotel ini awalnya saya di tantang oleh beberapa dosen karena mereka berfikir Bahasa china saya tidak akan terpakai, awalnya saya juga berpikir demikian, seiring berjalannya waktu ternyata Bahasa saya sangat berguna disini karena staff disini jarang ada yang bisa berbahasa china , sedangkan tamu china banyak di hotel ini , dan tamu-tamu tersebut biasanya tidak bisa berbahasa inggris , saya akan mendapatkan bagian untuk menghandle tamu tersebut , baik saya yang membantu mereka secara langsung maupun saya hanya sebagai penerjemah antara mereka dan staff.

Saya akan menjabarkan apa sih hal positif dan negatif yang saya rasakan setelah magang di hotel.

  1. Di wajibkan untuk mengikat rambut dan makeup

Ini merupakan hal yang sangat saya hindari awalnya, saya bukan perempuan yang feminism dan tau caranya bermake up dengan benar , saya juga tidak pernah mengikat rambut saya kalau  tidak terpaksa karena ini akan merusak rambut. Setiap hari saya akan makeup natural ala saya dan tetap memakai kacamata, dan mengikat rambut saya, tapi perlahan saya sadar dengan make up setiap perempuan akan terlihat lebih rapi.

  1. Jam kerja dan hari libur yang tidak beraturan

Tidak seperti saat bekerja di perusahaan yang bekerja di hari senin-jumat , sabtu,minggu dan tanggal merah libur, jam kerja antara 9-6. Saya biasa dijadwalkan bekerja di hari sabtu, minggu dan tanggal merah jam nya pun berbeda-beda , selama disini saya pernah merasakan jam-jam kerja ini = 06:00 – 15:00 , 09:00 – 18:00, 11:00 -20:00 , 14:00 : 23:00. Itupun tidak pulang tepat waktu , kalau saya mendapatkan jadwal yang sampai pukul 23:00 saya akan sampai dirumah pukul 00:30 , tapi akhirnya saya  berhenti mengeluh dan mulai belajar mensyukurinya, hahaha 😀 , sebenarnya ada enaknya jika saya masuk di tanggal merah saya akan mendapatkan libur 2 hari dan ini sangat menguntungkan, saya juga bisa berpegian di hari biasa dan tidak merasakan kepadatan lalu lintas seperti hari libur biasanya,tetapi saya menjadi sangat jarang dan bahkan hampir tidak bertemu dengan teman-teman saya lagi karena hari libur yang berbeda , lalu hari libur saya di hari biasa akan saya anggap menjadi hari sabtu dan minggu bagi saya dan keluarga.  Di Holiday inn ini juga sangat memperhatikan keamanan perempuan, jika pegawai pulang diatas jam 11 malam , akan disediakan female transport yang akan mengantar sampai depan rumah.

  1. Seragam
    Saya tidak perlu memikirkan hari ini mau pakai baju apa , karena enaknya disini tersedia laundry seragam, jadi setiap pagi saya hanya perlu mengambil seragam dan membalikannya saat saya pulang. Tapi saya tidak bisa bergaya dengan gaya saya sendiri, padahal setiap orang bisa di lihat kepribadiannya dari cara mereka berpakaian
  2. Gaji yang sedikit
    Gaji saya yang sangat sedikit disini yang habis untuk ongkos saya pulang pergi, membuat saya terkadang iri dengan teman yang bekerja di perusahaan , tapi disini saya cukup senang karena disediakan makanan yang enak , lumayan bisa hemat. Disini saya pun sudah mencobai berbagai jenis kue produksi pastry hotel holiday inn dan beberapa makanan hotel yang di buat oleh chef-chef terbaik.
  3. Menjadi pribadi yang lebih baik

Dari sini saya benar-benar merasakan perubahan di diri saya yang lebih baik , dulu saya bisa di bilang cukup angkuh dan dingin , saya tidak akan repot-repot memanggil orang terlebih dahulu , saya juga tidak mudah menebar senyum ke banyak orang, saya juga sering mengikuti emosi saya , kurang berempati pada orang lain, saya juga tidak banyak berbicara , TETAPI di sini saya di paksa merubah diri saya menjadi HOSPITALITY , perlahan saya mulai terbiasa menyapa orang terlebih dahulu , senyum kepada siapa saja yang saya temui , membantu orang lain , mendengarkan cerita orang lain , tidak mudah terpancing emosi , karena sering diomeli baik oleh atasan maupun tamu, saya jadi belajar lebih baik diam dan tetap tersenyum. Saya mendapati diri saya menjadi lebih percaya diri, lebih ceria dan semangat menjalani hidup.

Terkadang hal yang tidak pernah kita bayangkan atau minta sebelumnya bisa jadi merupakan sesuatu kejutan tak terduga dari Tuhan yang akan membawa kenangan berharga.
Sebentar lagi training saya di hotel ini akan berakhir dan saya tidak tau saya akan merasa seberat ini meninggalkan hotel. Awalnya saya selalu mengeluh dan ingin training ini berakhir secepatnya, seiiring berjalannya waktu saya mulai mendapatkan banyak teman dari anak training juga , dari Front office, Accounting, Housekeeping, Engineering , Kitchen , Steward dan Security sekalipun , orang-orang menyadari keberadaan saya , hal yang paling saya senangi adalah saat mereka semua selalu memanggil saya dengan nama saya dan tersenyum , kita semua bisa saling berbagi candaan dan bahkan obrolan tidak penting dengan mudahnya. Saya menjadi semangat setiap harinya untuk pergi bekerja karena saya senang bekerja disini , staffnya sangat baik , saya juga senang ketemu banyak orang disini , dari berbagai macam negara dan daerah , saling berbagi cerita , Penyesalan masuk hotel yang awalnya ada, hilang tidak bersisa dan digantikan oleh pengalaman kebahagiaan yang tak akan tergantikan oleh apapun. Saya benar-benar bersyukur saya merasa ditakdirkan untuk bekerja di hotel ini, karena saya mendapatkan banyak hal baru yang tidak semua orang bisa dapatkan.

Kayaknya terlalu banyak saya bercerita, sebenarnya banyak hal yang tidak bisa saya ungkapkan lewat cerita ini , karena semuanya hanya tinggal di hati saya , tidak bisa dikeluarkan melalui kata-kata. Saya akan berbagi beberapa foto di bawah ini.

Created by : Tania Laurensia – 2001544152