Undangan Kemendikbud untuk Sastra China Universitas Bina Nusantara

Pada Senin 20 Mei 2019, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia mengadakan kegiatan Peningkatan Kompetensi Pembelajaran, atau biasa disingkat PKP, bagi guru pendidikan menengah dan pendidikan khusus. Kegiatan yang diadakan di Hotel Millenium Jakarta ini dimulai pada Senin, 29 Mei 2019 dan diakhiri pada Rabu, 29 Mei 2019.

PKP adalah salah satu program pendidikan yang dilaksanakan oleh Kemendikbud dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Program PKP diadakan dalam rangka penyiapan paket pembelajaran program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran bagi guru pendidikan menegah dan pendidikan khusus. Karena peran guru dan tenaga kependidikan dalam program ini sangatlah penting, maka Kemendikmud turut mengundang para guru dan tenaga kependidikan aktif dari berbagai instansi pendidikan ternama di Indonesia, salah satunya adalah Universitas Bina Nusantara.

Pada kegiatan PKP kali ini, Bina Nusantara Univerisity diwakili oleh salah satu dosen pengajar aktif dari jurusan Sastra China, yakni Kelly Rosalin, S.S., MTCSOL. Peran beliau dalam kegiatan PKP kali ini adalah sebagai narasumber untuk menulis materi PKP.

tamu undangan kegiatan PK 2019

Selain hadirnya narasumber dari pelajaran Bahasa Mandarin, hadir juga narasumber lain dari berbagai mata pelajaran bahasa lainnya, seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Jerman, Bahasa Perancis, dan Bahasa Arab. Tidak hanya berfokus pada mata pelajaran bahasa, Kemendikbud juga mengundang narasumber dari mata pelajaran Matematika, Fisika, Biologi, Geografi, Sosiologi, Ekonomi, Antropologi, Tunanetra, Tunadaksa, Tuna Grahita, dan Autis.

Dengan diadakannya kegiatan PKP ini, Kemendikbud berharap agar kualitas pendidikan di Indonesia semakin meningkat.