Mengenal Kaligrafi China

    Kelas kaligrafi ini bisa diikuti mahasiswa Sastra China Binus. Guru yang mengajar berasal dari China, bernama 曾娜苹 (zeng na ping). Selama kelas kaligrafi, kita diajari dari hal-hal yang dasar seperti alat yang digunakan, cara memegang kuas, cara menulis, dan lain-lain. Jadi, bagi yang belum tahu apa-apa mengenai kaligrafi pun dapat mengikuti kelas ini.

         

    Pada pertemuan pertama, kegiatan yang dilakukan adalah memperkenalkan diri masing-masing. Kami diminta untuk memperkenalkan diri dengan nama mandarin kami, dan yang tidak punya nama mandarin akan dibuatkan nama mandarin. Setelah itu, kami diberitahu tentang alat yang dipakai dalam kaligrafi dan cara memegang kuas. Zeng Laoshi akan dating dan membantu kami jika kami kesulitan. Zeng Laoshi selalu dengan sabra mengajari kami cara membuat goresan yang benar. Ia juga berkeliling dan memeriksa tulisan kami.

    Menurut saya, pengalaman ini sangat menarik dan menyenangkan. Mencoba mengenal kaligrafi membuat saya lebih tertarik dengan Mandarin juga China. Meskipun pada kelas terakhir tulisan kami tidak bisa dibilang sempurna, tapi hasilnya lumayan bagus juga.

Created by : Felisha Serafina Gunawan