People Innovation Excellence
 

Pengalaman Magang di PT. CIPTA ANEKA AIR

Mendapat IP tinggi semasa kuliah merupakan impian semua mahasiswa, sehingga tidak sedikit mahasiswa yang semasa kuliah hanya mengejar gelar dan IP tinggi tanpa memperhatikan pentingnya mencari pengalaman dan relasi semasa kuliah. Tidak sedikit pula mahasiswa yang menganggap IP tinggi adalah jaminan kesuksesan untuk terjun ke dunia pekerjaan, padahal sesungguhnya kunci dari kesuksesan itu ialah pengalaman dan kerja keras.

Beruntungnya saat ini saya sedang menempuh perkuliahan semester akhir di Binus University, yang telah memberikan kesempatan kepada para mahasiswanya untuk menjalani program 3+1. Bagi yang belum mengetahui apa itu program 3+1, di sini saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai program tersebut. Program 3+1 adalah program unggulan dari Binus University, di mana di sini para mahasiswa diberi kesempatan untuk berhadapan langsung dengan dunia industri atau masyarakat selama 2 semester dan tentunya kami diberikan kesempatan untuk memilih 1 dari 5 jalur yang disediakan untuk dapat ditekuni. Kelima jalur itu ialah Penelitian (Research), Merintis Usaha (Entrepreneurship), Pengabdian terhadap Masyarakat (Community Development),  Studi ke Luar Negri (Study Abroad), dan yang terakhir ialah Magang di Perusahaan (Internship). Dan pada kesempatan kali ini saya memilih jalur internship dan sedang menjalankan program ini di PT. Cipta Aneka Air sebagai marketing. 

Awalnya saya sempat merasa takut untuk menjalani program internship ini, karena saya sering mendengar cerita dari orang-orang bahwa biasanya anak magang hanya akan diberikan tugas untuk menjadi notulen saat rapat berlangsung, memfotokopi berkas, atau bahkan membuat kopi bagi rekan-rekan kerjanya. Akan tetapi ternyata itu semua salah. Setelah saya menjalani program ini, saya merasa sangat bersyukur karena selain dapat menerapkan teori yang saya pelajari selama semester-semester sebelumnya, saya juga mendapatkan banyak pelajaran baru serta pengalaman yang sangat berharga, seperti bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan customer dan rekan kerja, cara menyelesaikan suatu masalah dengan professional, mencari jalan keluar yang terbaik dari suatu masalah, cara bekerjasama di dalam tim, menjadi lebih disiplin, mengetahui proses bisnis terutama dalam hal  ekspor impor, menambah koneksi dan memperluas wawasan lainnya.

Setelah 1 semester lebih saya menjalani program ini, ada banyak sekali pengalaman yang tak terlupakan yang saya dapat, salah satunya ialah saat menjalankan pameran. Perusahaan tempat di mana saya magang saat ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Water and Waste Water Treatment Engineering di mana kami banyak berhubungan dengan dunia farmasi dan memiliki cukup banyak supplier yang berasal dari luar negri salah satunya ialah dari China.

 

Selama 4 hari pameran ini berlangsung, saya diberikan kesempatan untuk menemani salah satu supplier kami yang berasal dari China sekaligus membantu menjadi translator atau penerjemah. Sebagai seorang anak magang, tentunya ini merupakan kesempatan besar dan sangat berharga bagi saya. Awalnya saya sempat merasa khawatir karena biasanya saya hanya menerjemahkan dokumen saja sehingga ini adalah pengalaman pertama saya untuk menerjemahkan bahasa secara langsung atau bertatap muka. Bahasa yang digunakan juga akan berhubungan dengan farmasi dan saya diberitahu bahwa supplier ini hanya bisa berbicara dalam bahasa Mandarin dan tidak mengerti bahasa lain. Akhirnya, saya mencoba untuk memberanikan diri dan mulai mempelajari serta menghafal kosa kata yang kira-kira akan digunakan saat pameran ini berlangsung. Bagi saya, kita tidak akan pernah tau kemampuan yang kita miliki sampai kita mencoba menjalaninya.

Pada hari pertama pameran ini berlangsung, kekhawatiran saya perlahan mulai hilang berkat dukungan dari keluarga,teman dan rekan kerja yang saya miliki. Bagi saya pengalaman dan kesempatan ini sangatlah berharga karena selain dapat menambah kosa kata yang saya miliki, saya juga dapat mengetahui budaya dan lingkungan pekerjaan di China. Pada saat itu kami baru pertama kali bertemu dan mengenal satu sama lain, tetapi kami dapat dengan mudah akrab bahkan kami juga berfoto bersama, bertukar pikiran serta bertukar cerita dan membuat group chat di wechat agar kami tetap dapat saling berhubungan seusai pameran ini berakhir. Saat mengetahui bahwa saya merupakan seorang anak magang yang sebentar lagi akan menyusun skripsi, mereka juga memberikan dukungan kepada saya dan membuka diri untuk memberikan bantuan apabila saya menemukan kesulitan saat membuat skripsi nanti. Mereka juga mengundang saya untuk dapat mengunjungi mereka saat liburan nanti.

 

Bagi saya, pengalaman magang ini sangatlah berharga karena selain mendapat pengalaman dan koneksi baru, saya dilatih untuk menjadi lebih mandiri serta dapat meningkatkan softskills yang saya miliki seperti, kemampuan berkomunikasi (communication), self management, bekerjasama dalam tim (team work) dan lain sebagainya. Dengan menjalani program ini, wawasan saya juga bertambah khususnya dalam hal ekspor impor.

Saya sangat bersyukur karena  memiliki keluarga, teman, rekan kerja, PIC dan dosen yang selalu mendukung saya selama menjalani program 3+1 ini. Bagi saya, kesempatan ini adalah pengalaman yang tak terlupakan dan sangatlah berharga dalam menunjang karir saya seusai lulus nanti.

 

Created by :

Valencia Anggraini – 1901499942


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close