People Innovation Excellence
 

Internship: Learn With Fun Mandarin

 

Saya Ester Wijaya, mahasiswi Sastra China semester 7 yang sedang melaksanakan program 3+1 Internship. Saya bekerja di sebuah tempat les bernama Learn With Fun Mandarin sebagai seorang asisten guru. Saya memulai kegiatan magang di tempat ini pada Maret 2018 dan berakhir pada Februari 2019. Selama 8 bulan saya bekerja, saya mendapatkan berbagai pengalaman dan pelajaran berharga setiap harinya, baik secara hardskills maupun softskills.

Berbicara mengenai aspek hard skills, saya sangat merasakan bahwa kemampuan berbicara dalam bahasa Mandarin meningkat. Pada waktu kuliah dan berkumpul dengan teman-teman, berbicara  dalam bahasa Mandarin adalah hal yang sangat jarang saya lakukan karena ada perasaan malu dan kurang percaya diri. Akan tetapi, ketika bekerja di tempat ini, berbicara bahasa Mandarin dengan rekan dan atasan adalah suatu tuntutan.Dikarenakan seringnya berdialog dengan atasan, kemampuan berbicara (tata bahasa, nada, kosakata) saya mengalami peningkatan yang cukup baik.

Di bidang pengajaran, saya memperoleh banyak ilmu baru seputar tata cara serta strategi pengajaran yang efektif dan kreatif untuk anak-anak. Lewat peran guru ini, saya menyadari bahwa mengajarkan bahasa Mandarin untuk anak kecil membutuhkan kreativitas yang tinggi dan kesabaran yang besar. Oleh sebab itu, saya juga dituntut dan belajar untuk memiliki ide-ide kreatif dalam menyampaikan materi serta membuat prakarya anak. Selain itu, saya menyadari bahwa konsep belajar “bermain sambil belajar” adalah cara yang efektif bagi anak agar lebih mudah memahami materi. Saya juga belajar untuk mendalami karakter setiap anak sehingga dengan begitu memudahkan saya untuk menjangkau anak tersebut ketika terjadi masalah.

Membahas aspek soft skills, saya merasa bahwa karakter dan kualitas diri saya semenjak magang semakin hari semakin baik. Saya adalah seorang introvert yang sulit untuk membuka diri di lingkungan baru, tetapi di sini saya belajar untuk bekerja sama dengan rekan kerja dalam proses belajar mengajar. Dalam hal komunikasi, saya juga belajar bahwa komunikasi adalah kunci terpenting untuk meraih keberhasilan dalam kerja. Oleh karena itu, saya berusaha untuk selalu berdiskusi dengan atasan dan rekan kerja jikalau ada hal yang membingungkan untuk menghindari kesalahpahaman yang mungkin bisa terjadi.

Dalam hal pengembangan diri, saya belajar untuk memiliki emosi yang stabil dan kesabaran tingkat tinggi dalam menghadapi berbagai karakter anak di tempat saya magang. Saya juga belajar untuk menegur anak dengan tegas tanpa menyakiti perasaan anak tersebut dan bersikap professional dalam bekerja, ketika ada masalah pribadi, diusahakan tidak mempengaruhi performa dalam mengajar. Dalam hal penyelesaian masalah, pengambilan keputusanserta inisiatif saya dilatih untuk bisa menyelesaikan masalah dengan cepat dan efektif, seperti ketika ada anak yang tiba-tiba mengalami pendarahan yang parah dan juga dilatih untuk berani mengambil keputusan, tentunya keputusan yang dipikir dengan matang. Saya juga menyadari bahwa sebagai guru, persiapan adalah hal yang paling utama sebelum mengajar. Oleh karena itu saya belajar untuk selalu mempersiapkan diri mempelajari materi pengajaran dengan baik sebelum diajarkan kepada anak.

Dunia kerja sangat berbeda dengan dunia perkuliahan. Ketika kita berkuliah, kita belajar berbagai teori mengenai hard skill dan soft skill, ketika di dunia kerja kita menerapkan apa yang telah dipelajari saat kuliah. Pengalaman kerja yang saya peroleh di Learn With Fun Mandarin sangatlah berharga dan memiliki kesan mendalam serta benar-benar mempersiapkan saya untuk menghadapi dunia kerja di kemudian hari dengan lebih maksimal.

 Ester Wijaya

1901492034


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close