Pengalaman Kerja di PT Wincor Nixdorf

Merefleksikan kembali ke hari pertama saya di PT Wincor Nixdorf Indonesia, adalah salah satu hari yang paling mengesankan dari saya waktu di tempat kerja. Setelah diperkenalkan sebagai Marketing Research Officer, saya diberikan tugas untuk memahami situasi bisnis Wincor saat ini: pasar, struktur, model bisnis, persaingan, tren selanjutnya, potensi teknologi, dengan mengadakan riset agar dapat memberi rekomendasi peluang bisnis untuk perusahaan di masa depan. Perusahaan sangat terbuka dan membuat saya merasa bagian dari tim.

Selama minggu pertama bekerja menyelesaikan tugas, saya kewalahan oleh pekerjaan dan tanggung jawab yang diberikan pada saya, tetapi dengan bantuan pengawas dan direktur saya, yang telah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam industri ini, saya merasa lebih percaya diri dan didukung karena saya tahu pekerjaan saya akan diperiksa ulang dan ketidakpastian apa pun dijelaskan. Dengan mengamati dan belajar dari mereka, saya berhasil mengambil kiat dan mempelajari berbagai jenis keterampilan, mulai dari belajar berkomunikasi dan berhubungan dengan perusahaan lain, membaca dan mengartikan berbagai jenis rencana.

Saya menemukan bahwa tempat kerja itu sendiri relatif beragam dari apa yang saya amati bekerja di PT Wincor Nixdorf Indonesia ada HRD, Legal, Finance/Accounting, Sales and Marketing, Service and Delivery, Software and Delivery. Sejumlah besar orang ini memiliki kekuatan dan kualifikasi yang berbeda dan mereka bekerja bersama dan mengatur pekerjaan mereka yang sinkron satu sama lain sehingga alur kerja dan mereka dapat menyelesaikan pekerjaan mereka secara efisien untuk menyajikannya kepada klien tepat waktu. Berhasil menciptakan suasana yang baik di lingkungan kerja.

Pekerjaan yang harus saya selesaikan sehari-hari berkoordinasi dengan staf marketing perusahaan melakukan task force yang diminta oleh pimpinan perusahaan untuk mencari data dan semua makalah yang berhubungan untuk keperluan bisnis perusahaan. Ini membantu saya belajar lebih banyak tentang perusahaan sebagai sebuah bisnis itu sendiri dan saya dapat ikut berkontribusi untuk memberi masukan dalam pengembangan perusahaan.

Secara keseluruhan, pengalaman kerja saya di PT Wincor Nixdorf Indonesia positif. Saya sangat senang dengan hal-hal yang telah saya pelajari dan alami dalam 8 bulan menjadi Marketing Research officer di perusahaan. Saya akhirnya belajar lebih banyak daripada yang saya pikir saya kerjakan, dan kerja keras saya terbayar ketika mereka menggunakan hasil riset saya untuk pengembangan bisnis perusahaan.

Theresia Siswanto (1901512004)