Pengalaman Lomba Chinese Paradise 6 di Malang

   
      Bulan lalu, ketika sedang menjalankan program internship, saya menemukan brosur lomba Chinese Paradise di website Sastra China  yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya, Malang. Awalnya saya tidak berminat ikut lomba ini karena kantor tempat saya magang sedang sibuk. Tetapi setelah saya pikir-pikir lomba ini dapat membantu saya menguji kemampuan bahasa Mandarin, saya pun mengambil kesempatan ini.
      Lomba Chinese Paradise terdiri dari tahap penyisihan dan final. Untuk seleksi tahap penyisihan diadakan secara online, dan peserta yang lolos pada tahapa penyisihan, wajib mengikuti tahap final yang diselenggarkan di Universitas Brawijaya, Malang. Tema lomba Chinese Paradise 6 tahun ini berjudul “Autumn in Shanghai”, saya memillih untuk mengikuti lomba presenter, dengan membawakan materi memasak 小肥羊 di rumah. Pada tahap seleksi, saya dibantu oleh dosen jurusan Sastra China, Knowledge and Creativity BINUS, adik kelas, dsb. Saya pun mendapat peringkat pertama untuk penyisihan, dan maju ke tahap final.
        Pada saat lomba tahap final, saya mempersiapkan lomba ini dengan memilih cara yang berbeda, yaitu menjadi presenter lomba tersebut. Walaupun pada tahap final saya mendapat peringkat harapan 3, akan tetapi saya sangat senang karena BINUS mendukung kegiatan perlombaan ini dengan mengirimkan dosen pendamping serta menyediakan kebutuhan yang diperlukan untuk kegiatan lomba di  Malang.
      Menurut saya, mengikuti kegiatan lomba dalam saat sibuk bukanlah suatu hal yang tidak mungkin, karena saat itu juga ketika kita bisa melewatinya, membuktikan bahwa kemampuan diri kita sendiri sudah meningkat.
Monalisa
1901456552