Tempat Wisata di Kaohsiung, Taiwan

Pada tanggal 21 Juli 2018 sampai dengan tanggal 31 Juli 2018, saya mengikuti kegiatan Study Tour Sastra China Binus University yang diadakan pertama kalinya oleh HIMANDA yang bekerjasama dengan Jurusan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Cheng Shiu University yang terletak di kota Kaohsiung, Taiwan. Di Kaohsiung, kami mempelajari bahasa, budaya, dan juga kebiasaan orang-orang Taiwan. Kami juga mengunjungi beberapa tempat wisata yang terkenal di Kaohsiung. Di artikel ini, saya akan menceritakan secara singkat tempat-tempat wisata yang kami kunjungi.

Hari Minggu tanggal 22 Juli 2018 pukul 09.00 pagi, kami mulai pergi mengunjungi tempat wisata menggunakan bis. Tempat pertama yang kami kunjungi adalah 龍虎塔 (Dragon and Tiger Pagodas). Sebelum sampai di tempat tujuan, kami diberitahu bahwa pagoda naga dan harimau ini memiliki sebuah mitos, dimana jika kami masuk melalui mulut naga dan keluar dari mulut harimau maka kami bisa meninggalkan kesialan kami di pagoda dan bisa membawa pulang keberuntungan. Kami juga diperingatkan agar tidak masuk dari mulut harimau, tidak keluar dari mulut naga, dan tidak berfoto dengan pagoda harimau saja. Semua hal tersebut dipercaya bisa membawa keburukan pada kita.

Setelah selesai mengelilingi pagoda, kami pun pergi mengunjungi 佛光山佛陀紀念館 (Fo Guang Shan Buddha Museum). Setibanya disana, kami langsung makan siang dengan sayur vegetarian. Setelah makan siang kami dibawa tour mengelilingi museum Buddha ini. Musium ini merupakan biara Buddha terbesar di Taiwan. Bukan hanya untuk beribadah tapi Musium Fo Guang Shan juga mengenalkan sejarah Buddha. Kami di bawa mengelilingi museum ini oleh seorang pemandu. Tidak hanya sekedar melihat dan mendengar penjelasan, kami juga diajarkan menulis kaligrafi.

Hari Sabtu tanggal 28 Juli 2018 pukul 08.00 pagi, kami pergi mengunjungi 國立海洋生物博物館 (National Museum of Marine Biology and Aquarium). Sesuai dengan namanya museum ini merupakan sebuah museum perlautan, di dalam museum terdapat banyak akuarium besar yang berisikan hewan-hewan laut. Tempat ini bukan hanya sekedar tempat wisata untuk melihat keindahan hewan-hewan laut, tapi tempat ini juga mengajarkan bagaiman cara menjaga laut dan melihat hewan-hewan laut sebagai teman bukan hanya sekedar makanan.

Pada hari Minggu tanggal 29 Juli 2018 pukul 08.00 pagi, kami pergi ke 六堆客家文化園區(Liudui Hakka Curtural Park). Disana kami langsung diberikan free time tanpa diberikan penjelasan apapun. Kami mengelilingi tempat tersebut dan menemukan sejarah orang-orang Hakka. Yang paling unik adalah di tempat suvenir kami tidak menemukan aksesoris yang biasa dijual di tempat-tempat wisata. Yang kami temukan di tempat suvenir adalah obat-obatan, makanan kering dan makanan khas orang Hakka.

Pada hari Senin tanggal 30 Juli 2018 pukul 14.00 siang, kami pergi mengunjungi i-Ride坑行劇院 (i-Ride Flying Theater). Disana kami diajak bermain games dan menaiki i-Ride. i-Ride ini adalah sebuah wahana 4 dimensi yang mensimulasikan penerbangan di atas kota Kaohsiung. Pemandangan yang di tampilkan sangat indah dan kami merasa seperti benar-benar terbang di atas kota Kaohsiung karena efek angin yang diberikan. Sayangnya kami tidak diperbolehkan mengambil foto saat menaiki wahana tersebut.