People Innovation Excellence

Serunya Magang di PT. Tridharma Kencana (TDK)

Pada tanggal 1 September 2016 saya mulai magang di PT Tridharma Kencana. PT Tridharma Kencana (disingkat TDK) terletak di Kragilan, Serang, Banten. Perusahaan ini bergerak di bidang perakitan elektronik, khususnya perakitan dan pembuatan perangkat elektronik import, seperti smartphone, TV, air conditioner, IPTV, MiFi, dsb. Saat ini TDK sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan China seperti ZTE, Lenovo, Motorola, Huawei dan Gree. Untuk televisi TDK bekerja sama dengan AQUA.

Di perusahaan ini saya magang sebagai Assistant Project Manager. Tugas saya adalah membantu mengontrol jalannya produksi di production line ZTE dan menerjemahkan komunikasi antara tenaga kerja asing dan tenaga kerja Indonesia. Karena atasan saya adalah project manager untuk ZTE dan Huawei.

Di production line ZTE, ada 3 produk yang di produksi yaitu smartphone, IPTV dan MiFi. Ketiga produk ini tidak selalu jalan bersamaan karena tergantung kedatangan barang. Ada satu perwakilan technical engineer dari ZTE China yang selalu ada disana untuk mengontrol produksi. Setiap harinya saya membantu komunikasi antara dia dengan tenaga kerja Indonesia, untuk membahas rencana pengiriman, produksi, kedatangan barang, dsb. Jika terjadi masalah dengan material, bisa langsung ditanyakan atau diperbaiki ke technical engineer tersebut.

Pada bulan pertama saya magang, saya mendapatkan tugas untuk menerjemahkan Instruksi Kerja dari bahasa mandarin ke bahasa Indonesia. Saya mengerjakan tugas itu cukup lama karena saya belum familiar dengan kosa kata di bidang perakitan. Jadi saya banyak bertanya ke atasan saya dan melihat kamus. Tujuan saya mengerjakan Instruksi Kerja tersebut, selain mempelajari kosa kata bidang perakitan, saya juga mendapat pengetahuan tentang flow kerja di production line.

Karena setiap hari saya harus berkomunikasi dengan tenaga kerja asing, saya menjadi lebih lancar dan percaya diri untuk berbicara dalam bahasa mandarin. Walaupun kadang – kadang tata bahasa saya masih kurang tepat, atau saya kurang bisa memahami apa yang dimaksud oleh beliau karena beliau berbicara sangat cepat. Technical engineer tersebut dapat memahami maksud saya dan dengan sabar mengulangi ucapannya jika terlalu cepat.

Selain di ZTE, saya juga pernah membantu menerjemahkan untuk production line Lenovo dan Huawei. Production line Lenovo pada waktu itu sedang kedatangan tamu dan tamu tersebut tidak bisa berbicara dalam Bahasa Inggris. Jadi saya membantu komunikasi antara engineer lokal dan tamu tersebut. Kalau di Huawei, pada waktu itu ada tamu yang datang untuk set-up production line. Karena di production line Huawei hanya memproduksi barang beberapa tahun sekali. Sehingga ketika akan memproduksi barang lagi, harus di atur kembali tata letaknya, softwarenya, dll.

Selain menjadi penerjemah, saya juga membantu mengirim data, merapikan data, mengirim email ke tenaga kerja asing, membantu perencanaan produksi, dan lain-lain. Pengetahuan saya juga bertambah tentang dunia kerja. Ternyata dunia perkuliahan dan dunia kerja sangat berbeda. Di dunia kerja, saya harus bisa lebih mandiri dan mempunyai tanggung jawab yang besar pada perusahaan tempat kita bekerja. Saya juga menjadi lebih disiplin. Jika saya mendapat tugas, saya berusaha mengerjakannya dengan cepat dan teliti.

Melalui internship ini, Saya juga banyak belajar untuk mengatur emosi saya. Terkadang, pekerja melakukan kesalahan yang membuat technical engineer marah. Kemudian beliau melampiaskan kemarahannya kepada saya. Pada saat yang sama saya tidak bisa langsung memarahi pekerja tersebut. Saya harus mengkonfirmasi apa penyebab kesalahannya. Ada kalanya pekerja yang melakukan kesalahan, ketika saya tanya, dia menjawab dengan jawaban seadanya sembari cengar – cengir. Padahal kesalahan yang dia lakukan bisa berakibat fatal. Saya tidak langsung marah tapi berbicara dengan tegas dan meminta pekerja tersebut untuk tidak mengulangi kesalahannya.

Atasan saya sangat baik dan bersedia membantu saya kalau saya kesulitan dalam pekerjaan atau dalam memahami perkataan tenaga kerja asing. Staff lain di kantor juga baik terhadap saya, khususnya yang bekerja satu production line dengan saya. Mereka semua bekerja sama dengan baik satu sama lain.

Penulis:

Nama: Raisa Goldatama

NIM: 1701361705

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close