People Innovation Excellence

Pengalaman Internship di PT. Baidu Digital Indonesia

Saya, Elvina Agustine, NIM 1701297665, ingin berbagi pengalaman magang di PT Baidu Digital Indonesia. PT Baidu Digital Indonesia berlokasi di Bursa Efek Indonesia, Tower 2 lantai 16, Jalan Sudirman no. 52-53, Jakarta Selatan. Seperti yang telah diketahui, Baidu adalah salah satu perusahaan terbesar di Negara China dan memiliki julukan sebagai “Google China”. Siapapun rakyat China pasti akan menggunakan Baidu sebagai alat untuk mengeksplor, browsing, dan mencari data apapun. Sekarang Baidu sedang memperluas jangkauan bisnisnya ke seluruh dunia dengan mendirikan beberapa anak perusahaan ke beberapa negara hingga ke Indonesia, yaitu PT Baidu Digital Indonesia.

 

Mengapa saya ingin magang? Alasan yang mudah adalah ingin mengetahui lingkungan kerja seperti apa dan bagaimana kehidupan kantor itu pada kenyataanya. Saya mengikuti banyak kegiatan organisasi sejak SMP hingga sekarang dan saya merasa inilah saatnya untuk mengimplementasikan ilmu yang saya dapat dalam lingkungan kerja, inilah yang akan menjadi pengalaman baru dalam hidup, selain belajar di sekolah atau mencari part-time job sebagai guru les.

 

Mengapa saya memilih PT Baidu Digital Indonesia sebagai tempat magang? Karena melihat perusahaan Baidu, notabene adalah perusahaan terbesar di Negara China, saya merasa tertarik untuk mengetahui seberapa besar dan hebat, bagaimana lingkungan kerjanya, bagaimana dengan operasional dan sistemnya, serta belajar langsung dengan supervisor yang langsung dari China. Selain itu, saya ter-iming untuk bisa bertemu langsung dengan para orang-orang hebat Baidu dan mendapatkan kesempatan untuk bisa ke sana. Ini akan menjadi pengalaman yang menarik.

 

Bagaimana saya bisa diterima oleh PT Baidu Digital Indonesia? Pada waktu itu, Binus University bekerja sama dengan PT Baidu Digital Indonesia dengan membuka sebuah seminar “Unlimited Opportunity” Roadshow to Campus. Dengan bersama pendiri malesbanget.com, Christian Sugiono, memberikan wawasan dan pengetahuan untuk mahasiswa mengenai dunia e-commerce dan internet business. Pada akhir seminar, PT BDI menawarkan para mahasiswa untuk menjadi student ambassador dan saya pun tertarik untuk ikut karena saya ingin mendapatkan peluang untuk bisa lebih mengetahu tentang Baidu. Setelah melewati beberapa tahap seleksi, akhirnya saya diterima sebagai student ambassador. Namun, karena saya aktif berorganisasi dan fokus dengan BNEC (salah satu UKM), saya tidak terlalu aktif dalam kegiatan student ambassador ini. Akhirnya, pada saat ingin memasuki semester tujuh, saya tertarik untuk memilih jalur magang. Saat itu, saya harus mencari perusahaan sebagai tempat belajar yang tepat, dan memilih untuk tidak memilih perusahaan dari list yang sudah ada karena beberapa pertimbangan. Saya teringat bahwa status sebagai student ambassador. Kemudian saya mencoba untuk menghubungi kakak pembimbing, Kak Ayu.

Setelah mengirim lamaran dan pemberitahuan kepada Bu Andyni (pada saat itu sebagai Kepala Jurusan), saya akhirnya diundang untuk interview bersama kedua teman yang lain. Seminggu kemudian, saya pun diterima sebagai mahasiswa magang. Perasaan saya sangat senang hingga berawang-awang menjadi salah satu bagian dari Baidu.

 

Bagaimana pengalaman saat magang di PT Baidu Digital Indonesia?     Setiap pengalaman pasti ada suka maupun duka. Pada saat awal masuk magang di PT BDI, perasaan canggung itu pasti ada, masih merasa lingkungan yang asing dan melakukan hal apapun pasti sangat was-was. Untuk pengalaman ini, mari dikaji dari beberapa segi.

Segi lingkungan kerja. Yang saya sukai dari lingkungan kerja di PT BDI ini adalah lingkungan dengan karyawan yang friendly, suka bergurau dan tidak kaku, bahkan pakaian saja tidak harus memakai baju yang formal. Jadi, saya beradaptasi di sini kira-kira membutuhkan waktu hingga dua bulan dengan sikap yang kalem dan masih malu-malu. Kantor dengan fasilitas yang cukup memadai dan nyaman, stationary yang diberikan mendukung untuk bekerja, minum dan makan bisa terpenuhi, namun space kerja yang diberikan agak sempit karena saya banyak berurusan dengan kertas dan data-data fisik.

Segi supervisor dan karyawan. Saya juga merasa bersyukur bertemu dengan supervisor yang friendly, tidak strict, dan selalu mengajari saya dengan sabar. Pada saat awal masuk, saya diajari beberapa hal mengenai sistem pembayaran, pembukuan, dll., bahkan ia membantu saya dalam menerjermahkan dokumen apabila ada yang saya tidak mengerti. Ia pun juga mau berbagi pengalaman dengan saya. Meskipun beberapa kali saya ada kesalahan, namun beliau tidak marah, hanya memberikan nasihat dan beberapa masukan, serta memotivasi untuk lebih baik lagi. Hingga saat ini, saya merasa beliau sebagai jiejie sendiri, bahkan ada orang yang berkata kami seperi kakak adik. Sedangkan dari segi karyawan, hampir semua karyawannya yang sangat bersahabat dan sering bercanda gurau pada saat bekerja, jadi bekerja pun tidak terasa lelah. Bila ditanya sifat, pasti sangat beragam. Ketika saya bekerja dengan mereka, ada beberapa yang mudah diajak bekerjasama, namun ada juga yang agak sulit.

Segi pekerjaan. Satu kalimat yang mendeskripsikan adalah “harus serba bisa”. Apabila saya ditanya pekerjaanya apa, saya juga bingung menjawab karena banyak bidang yang akan kamu pegang dan semuanya harus serba bisa. Pada saat awal masuk, tugas saya hanya menerjermahkan dokumen-dokumen dan sebagai asisten operasional. Kemudian, mulai memegang sistem pembayaran yang berhubungan langsung dengan pusat. Masih berhubungan dengan sistem, saya mulai belajar bagaimana membuat agreement dengan pihak luar dan format dual bahasa, Inggris dan Indonesia.  Dari membuat dan menulis perjanjian ini, saya belajar banyak karena saya harus berhubungan dengan pihak legal, finance, dan tax dari pusat langsung, dibimbing dan pasal apa saja yang harus diperhatikan dan diubah. Selanjutnya, mulai masuk dalam hubungan kerjasama perusahaan dengan pihak luar, bagaimana menjaga hubungan dengan pihak luar, apa saja yang harus dikerjakan, bagaimana sikap atau attitude terhadap mereka, bagaimana menunjukkan loyalitas, dsb., hingga saya berkecimpung untuk berhubungan dengan user secara langsung, yaitu melalui pengiriman hadiah, konfirmasi data diri, dll. Yang terakhir dan yang paling unik adalah terlibat dalam operational langsung, yaitu dengan salah satu produk baru, Guyonan TV. Saya ikut dalam proses produksi video, seperti menjadi produsernya, melaksanakan shooting dan mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan. Banyak sekali pekerjaan baru yang didapat dan semakin lama semakin banyak.

Segi kuliah. Magang itu artinya keluar dari pembelajaran kuliah seperti biasanya. Saya merasa semenjak magang, kuliah memang agak keteteran dan banyak tugas yang sering terlewat. Karena saya adalah orang yang agak ambisius, saya lebih fokus dengan pekerjaan padahal mengingat saya juga masih berstatus mahasiswa yang mau menyelesaikan gelar S1. Rumah saya yang terletak dari Bekasi dan pergi-pulang kantor itu harus menempuh waktu hingga 3 jam. Waktu saya habis di jalan dan waktu saya untuk belajar pun terbuang. Sering pulang lembur bahkan hingga pukul 22.30, sampai rumah sudah pukul 00.00. Tugas dan belajar untuk kuliah itu juga harus diperhatikan, jangan sampai terlupakan.

 

Apa pesan dan pembelajaran yang didapat setelah magang di PT Baidu Digital Indonesia? “Jangan pernah berhenti untuk belajar dan berusaha meski apapun halangannya”. Seberapa jauh dan susah jalan yang akan ditempuh, percayalah setiap langkah yang diambil pasti ada pembelajaran dan konsekuensi. Ketika saya awal mulai magang hingga saat ini, suka dan duka dilewati juga sudah cukup banyak. Bertemu dengan karyawan yang tidak bersahabat dan kurang bertanggung jawab, pekerjaan yang overload, waktu untuk relaxing terbatas, namun dibalik itu semua, saya lakukan dengan senang hati karena banyak kenangan indah yang saya lewati juga. Saya bisa bertemu dengan supervisor yang baik, teman kerja yang mau mengajari dan berbagi pengalaman, pelajaran dan wawasan lain di luar perkuliahan, berhubungan dengan banyak orang China, sekaligus meningkatkan hardskill dan softskill. Pengalaman itu tidak pernah bisa dibayar dengan apapun.

 

Pesan-pesan untuk teman-teman yang berminat intership di perusahan ini :

Terima kasih kepada Tuhan YME, yang telah memberikan saya kesempatan untuk belajar dan belajar terus,

Terima kasih atas Dosen Pembimbing magang saya, Yiying老师, yang mau membimbing dan mendampingi saya dalam proses magang ini,

Terima kasih atas Supervisor magang saya, 毛经理, yang telah membimbing, berbagi, memberikan banyak kesempatan dan mengajarkan saya banyak hal selama di Baidu,

Terima kasih semua rekan kerja yang baik, bersahabat dan mau berbagi wawasan kepada saya,

Terima kasih keluarga saya yang telah memotivasi dan mendukung saya selama proses magang ini.

Elvina Agustine

 

 

 

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close