Kunjungan Forum Kerjasama Ekonomi dan Perdagangan Tiongkok (Foshan) – Indonesia

Kunjungan Forum Kerjasama Ekonomi dan Perdagangan Tiongkok (Foshan) – Indonesia 2015

Kamis, 6 Agustus 2015 perwakilan Sastra China BINUS University, Prof. A. Dahana dan Agustian menghadiri Forum Kerjasama Ekonomi dan Perdagangan Tiongkok (Foshan) – Indonesia. Acara berlangsung di Ballroom Shangri-La Hotel dari 09.30 – 12.30 yang dilanjutkan makan siang bersama.

Forum Ekonomi dan Perdagangan Tiongkok (Foshan) - Indonesia 2015 - 2

Acara dimulai dengan sambutan dari Wakil Sekjen Kota Foshan, Mr. Zhang Kaiji, Konsul Ekonomi dan Perdagangan Kedutaan Besar RRC di Indonesia, Minister Konsuler Wang Liping, Wakil Walikota Foshan, Mr. Song Deping, Konsul Jenderal RI di Guangzhou, Ms. Ratu Silvy Gayatri dan beberapa perwakilan dari Foshan maupun Indonesia.

Forum Ekonomi dan Perdagangan Tiongkok (Foshan) - Indonesia 2015 - 3

Forum Ekonomi dan Perdagangan Tiongkok (Foshan) - Indonesia 2015 - 4

Setelah sambutan dilanjutkan pemaparan dari Wakil Kepala Dinas Perdagangan Kota Foshan, Mr. Liu Xiaoming mengenai “Potensi kerja sama ekonomi Foshan dengan Indonesia”. Pemaparan mengenai “Pengalaman berinvestasi dan membuka pasar Asia Tenggara dan Indonesia” oleh Deputi Managing Director Midea Electronik Indonesia, Mr. Liu Yongjun. Pemaparan ketiga oleh Chief Executive Officer Divisi Perdagangan Lintas Teritorial LAZADA Hongkong, Mr. Aimone Ripa Di Meana mengenai “Memperkuat kemitraan dagang Foshan dan Indonesia dengan teknologi E-Commerce”.

Forum Ekonomi dan Perdagangan Tiongkok (Foshan) - Indonesia 2015 - 5

Di dalam pemaparan tersebut terlihat Indonesia adalah market yang sangat besar dan menjadi salah satu target pasar dari pebisnis Tiongkok. Setelah pemaparan dilanjutkan penandatanganan kesepakatan kerja sama antara perusahaan Indonesia dan Tiongkok (Foshan).

Forum Ekonomi dan Perdagangan Tiongkok (Foshan) - Indonesia 2015 - 7

Seiring dengan meningkatnya kerjasama antara Tiongkok dan Indonesia, bahasa menjadi salah satu aspek penting untuk menjalin dan menjaga hubungan yang baik antara dua pihak. Kebutuhan sumber daya manusia yang mampu berbahasa Mandarin di Indonesia meningkat tajam untuk itu menguasai bahasa Mandarin sangat diperlukan. Jiayou! (Tian)

Forum Ekonomi dan Perdagangan Tiongkok (Foshan) - Indonesia 2015 - 6